Kata Pengamat Soal Avanza Dipakai Teroris

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 11:57 WIB
Kata Pengamat Soal Avanza Dipakai Teroris Avanza yang digunakan para pelaku teror (Dok. CNN Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi serangan teroris beberapa hari terakhir tak lepas dari kendaraan minibus Toyota Avanza. Para pelaku teror di Surabaya dan Mapolda Riau menggunakan MPV Avanza untuk melancarkan aksinya.

Avanza pertama berwarna putih diduga kuat dipakai pelaku bom bunuh diri untuk mengebom Gereja Pantekosta Pusat Surabaya di jalan Arjuno. Dan Avanza putih kedua digunakan untuk aksi teror di Mapolda Riau. Para pelaku diketahui menggunakan Avanza yang entah sebuah kebetulan atau bukan sama-sama mengenakan kelir warna putih.

Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengamati fenomena Avanza yang digunakan para pelaku teror.
Menurutnya, penggunaan Avanza untuk aksi teror sangat beralasan, sebab mobil tersebut mudah didapat.


"Saya melihat karena mobil minibus itu lebih banyak tersedia dan harganya relatif terjangkau, dan untuk mendapatkannya juga gampang, ketimbang mobil-mobil lainnya," kata Jusri kepada CNNIndonesia.com, Rabu (16/5).

Menurut Jusri jika diamati, selain harganya relatif terjangkau, kendaraan dengan julukan 'MPV sejuta umat' itu juga banyak tersedia di perusahaan rental.

"Jadi mereka para pelaku juga tidak perlu beli, tinggal sewa," ucap Jusri.
Sejak diluncurkan pada 2004, Avanza memang menjadi kendaraan idaman sejumlah masyarakat Indonesia. Mobil tersebut laris di pasaran karena dinilai tangguh dan untuk mengangkut beban penumpang di samping interiornya yang cukup luas.

Soal fleksibilitas itu juga disebut Jusri memperkuat aksi teror menggunakan MPV 'murah' Avanza.

"Interiornya juga luas dan tidak banyak sekat dibandingkan sedan. Menurut saya fleksibilitas dan harga yang tersedia (terjangkau), bahkan perusahaan rental mobil paling banyak menyediakan mobil itu (Avanza)," tutup Jusri. (mik)