Awal Ramadan, Momen Vendor Ponsel Pintar 'Panen Raya'

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Senin, 21/05/2018 10:45 WIB
Awal Ramadan, Momen Vendor Ponsel Pintar 'Panen Raya' IDC Indonesia menilai awal ramadan jadi salah satu momen vendor ponsel mengeruk keuntungan. (Foto: CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ramadan jadi periode pening bagi vendor ponsel cerdas di Indonesia. Sejumlah vendor kerap berlomba sengit untuk meluncurkan ponsel baru, sementara sebagian lainnya tengah bersiap melakukan 'ritual' serupa.

Asus jadi salah satu vendor yang paling menggebu-gebu menghadapi ramadan kali ini. Belum genap sebulan sejak meluncurkan Zenfone Max Pro M1, produsen asal Taiwan itu kembali memperkenalkan iga ponsel baru sekaligus di hari pertama Ramadan, Kamis (17/5).

Ketiga ponsel itu adalah Zenfone Live L1, Zenfone 5, dan Zenfone 5z, masing-masing memiliki target segmen yang berbeda.


Rizky Febrian, Associate Market Analyst IDC Indonesia melihat strategi Asus sama sekali bukan hal baru. Pasalnya momen ramadan yang berada di kuartal kedua dapat dibilang masa panen raya bagi para vendor.

"Biasanya sih di kuartal kedua, kontribusi ke vendor sekitar 26 persen dari pengapalan selama satu tahun," tukas Risky melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

Asus memang tak sendiri yang menempuh strategi mengeruk untung di masa pembagian THR nanti. Oppo juga berancang-ancang merilis varian baru dari model F7 dalam lima hari ke depan.

"Bagi kami produsen smartphone sebenarnya ramadan adalah momentum peak season buat kami apalagi trennya biasanya setelah THR turun sampai ke hari lebaran," ucap PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Aryo melihat konsumen memang punya kecenderungan berganti ponsel atau membeli baru. Itu sebabnya selain menyiapkan varian F7 baru, Oppo disebut bakal memperkenalkan lini seri anyar.

Selain Asus dan Oppo, beberapa nama vendor lain yang telah memperkenalkan ponsel baru jelang ramadan ini adalah Samsung dengan Galaxy A6, Advan dengan i6, Xiaomi dengan Redmi S2 pada 22 Mei nanti. Dalam waktu dekat, LG juga dikabarkan bakal membuka pemesanan awal LG G7 ThinQ.

Mencermati kemampuan pasar yang selalu melemah pada Q1 dan Q3, periode ramadan adalah waktunya para vendor ponsel cerdas 'bertempur' berebut pelanggan lewat produk-produk terbarunya. Risky melihat situasi ini menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen dalam memilih.

Pada tahun lalu, porsi pengiriman ponsel pada Q2 berkontribusi cukup besar dari tahun ke tahun. Sekitar 7,6 juta unit ponsel berhasil dipasok untuk memenuhi kebutuhan pasar pada Q2 2015, angka itu bertambah menjadi 7,9 juta pada Q2 di 2016 dan 2017.

"Banyak vendor yang sudah memberikan harga dengan sangat kompetitif sehingga pada akhirnya konsumen yang akan diuntungkan karena bisa mendapatkan smartphone dengan fitur terkini namun dengan harga yang masih ramah di kantong," jelas Risky. (evn)