Benteng Pertahanan Xpander Cuma Tahan 4 Bulan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 10:28 WIB
Benteng Pertahanan Xpander Cuma Tahan 4 Bulan Ilustrasi. (Detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Avanza sejak tahun 2004 tidak pernah tergoyahkan sebagai mobil terlaris di Indonesia, meski sejumlah kompetitor datang menawarkan sesuatu yang baru.

Cerita berubah sejak Februari 2018, posisinya digeser pendatang baru, Xpander. Hingga Mei 2018, Xpander berhasil memimpin penjualan wholesales kelas low MPV dalam negeri. Namun kondisi itu cuma sementara ketika Avanza berhasil mengembalikan keadaan dengan mencetak penjualan dari pabrik ke dealer paling banyak di segmennya.

Avanza berhasil menutup penjualan wholesales dengan hasil baik pada Juni 2018, yaitu 4.648 unit, dan posisi kedua diisi Xpander dengan jumlah 3.278 unit dan di bawahnya ada model Ertiga, Mobilio, Confero, Xenia dan Grand Livina.
Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, kembali memuncaknya penjualan Avanza tidak lepas dari kepercayaan konsumen.


Dikatakan Soerjo, desain lawas Avanza masih menjadi magnet konsumen. Avanza masih mampu 'bertarung' dengan model lain yang jelas-jelas telah menawarkan hal baru di segmennya.

Ia meyakini bahwa keperkasaan Avanza tak lepas dari ketersediaan jaringan resmi Toyota di Indonesia. Dan ini dijelaskan Seorjo sebagai faktor penentu minat beli konsumen terhadap produk mobil.
"Kami beruntung bahwa Avanza masih mendapat tempat di hati pelanggan otomotif Indonesia," kata Soerjo kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/7).

Sementara itu, manajemen Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang mengetahui produknya kalah dari Avanza memilih tidak merespons saat dimintai tanggapan.

Kendati jumlah Avanza menang pada bulan Juni, namun jika dikalkulasikan angka penjualan Avanza selama 2018 (Januari-Juni) tetap berada di bawah Xpander. Avanza dapat terjual 39.455 unit, sedangkan Xpander berjumlah 39.948 unit.
Xpander hanya unggul tipis atau selisih tidak sampai 500 unit. Ke depannya, beban yang dipikul Avanza masih berat untuk merebut mobil paling laris di Indonesia tahun ini.

Apalagi MMKSI punya rencana meluncurkan Xpander tipe baru di GIIAS 2018 yang diyakini akan mendongkrak penjualan Xpander di pasar otomotif domestik. (mik)


BACA JUGA