Tips Otomotif Akhir Pekan

Bersih-bersih Mobil di Akhir Pekan

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 20/07/2018 18:13 WIB
Bersih-bersih Mobil di Akhir Pekan Ilustras. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bersih-bersih mobil paling asyik dilakukan sendiri di rumah pada akhir pekan. Selain 'sehat' buat mobil dan tubuh, kita juga bisa mengetahui bagian mobil yang rusak dan harus diperbaiki.

Sebelum melakukan pembersihan, sebaiknya pemilik membuat daftar bagian-bagian terpenting pada mobil. Tujuannya agar fokus dan selesai dalam satu hari. Sebab, sisa satu hari di akhir pekan umumnya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Untuk itu mulailah membuat daftar demi mobil pribadi yang tampak bersih dan rapi. Untuk libur akhir pekan esok hari, kita bisa memilih dua sampai tiga bagian mobil yang relatif mudah dikerjakan, seperti melakukan tiga pekerjaan tersebut.
1. Pengecekan bodi kendaraan


Memiliki mobil yang terlihat bersih dari luar menjadi kebanggaan tersendiri. Untuk itu rajinlah mencuci mobil. Setelah menggerakkan badan dengan mencuci mobil, ada baiknya cek kondisi bodi apakah ada goresan dan cat mobil lain yang menempel pada cat mobil kita. Jika mobil punya masalah ini, bisa siapkan lap bersih dan obat poles yang berkualitas tinggi. Lakukan gerakan memutar hingga obat tidak meninggalkan bekas di bodi mobil.

2. Usir jamur kaca dan bodi

Tak ada salahnya kita usir jamur pada kaca dan bodi. Sebab, munculnya jamur membuat tampilan mobil terlilhat tak menarik. Jika tertarik dengan pekerjaan ini jangan lupa beli obat khusus di pasaran yang menyediakan khusus bodi dan kaca. Beberapa pemilik mobil percaya kadar alkohol bisa menghilangkan jamur. Namun jika ragu, sebaiknya pakai obat khusus yang memang kadar kimianya sudah disesuaikan untuk cat bodi kendaraan.
3. Pengecekan roda-roda

Roda adalah benda penting di mobil. Bagian ini bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros jika tekanan angin si karet bundar tidak sesuai penggunaan. Untuk itu rajinlah mengecek seluruh roda di waktu senggang. Juga perhatikan ban kempes atau tekanan angin berlebih yang potensi menimbulkan bahaya seluruh penghuni kabin.

Mengecek tekanan angin ban saja tidak cukup, pemilik juga harus cek dinding samping ban atau sidewall. Jika ban dalam kondisi benjol sebaiknya ganti dengan yang baru untuk menghindari ban meletus di jalan. Penyebab ban benjol berbagai macam, bisa disebabkan konstruksi telah rusak, tekanan angin berlebihan, atau ban menabrak benda keras. (mik)


BACA JUGA