Uji Coba 5G, Mobil Otonom Siap Melaju Saat Asian Games 2018

JNP, CNN Indonesia | Minggu, 22/07/2018 13:13 WIB
Uji Coba 5G, Mobil Otonom Siap Melaju Saat Asian Games 2018 Ilustrasi. (Foto: Jaguar Land Rover)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil otonom akan melaju pada saat perhelatan Asian Games 2018, Agustus mendatang.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan pada saat Asian Games Agustus mendatang, akan ada uji coba 5G untuk mencoba aplikasi mobil otonom.

"Nanti pada saat Asian Games ada uji coba aplikasinya (5G0 untuk mobil otonom, yang kendaraan tanpa supir. Selain itu akan ada lagi satu yang pertandingan," paparnya Jumat (20/7).
Rudiantara menjelaskan operator yang akan melakukan uji coba 5G pada gelaran Asian Games adalah Telkomsel. Frekuensi 5G yang akan digunakan tidak akan terlalu besar, yakni sekitar 3 GB.


Tetapi masih ada kemungkinan untuk dibuka pada 8 GB. Rudiantara menjelaskan uji coba ini akan fokus ke masalah teknis sebagai ekosistem.

"5G bukan hanya frekuensi tapi perangkatnya. Device di sisi user dan aplikasi. Jadi semua harus lengkap. Tujuannya melihat itu," ujarnya. 

Saat ini, untuk Uji coba 5G di Asian Games hanya Telkomsel. Namun, operator lain pun melakukan uji coba 5G di lokasi lain. Seperti XL Axiata yang akan melakukan uji coba 5G di kawasan Kota Tua, Jakarta.
Salah satu maanfaat jaringan 5G adalah efisiensi yang diusung jika dibanding teknologi jaringan sebelumnya. Pemanfaatan Internet of Things diharapkan akan meningkat dengan jaringan 5G tersebut. (age/age)