Poin Fundamental Keunggulan Sistem Gerak Avanza

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 08/08/2018 21:55 WIB
Poin Fundamental Keunggulan Sistem Gerak Avanza Toyota Avanza generasi kedua tetap menggunakan penggerak roda belakang. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada alasan kuat mengapa Avanza relatif laris sampai sekarang. Salah satunya tentang sistem gerak roda belakang yang memang dibutuhkan masyarakat sesuai dengan karakter jalan-jalan di dalam negeri yang beragam.

Avanza merupakan model MPV yang dirancang menggunakan sasis semi-monokok kemudian digabung dengan sub-frame. Toyota menyebut rancangan itu unibody, artinya sasis bagian tengah ke depan memakai ladder frame, sedangkan tengah ke belakang monokok.

Rancangan unibody sangat sesuai dengan sistem gerak roda belakang. Modal itu bikin Avanza mampu menangani segala macam tantangan kontur jalan, dan tetap diandalkan meski kabin terisi penuh tujuh penumpang plus barang bawaan.



Sistem gerak roda belakang juga punya kelebihan lain, yaitu mengurangi gejala ban selip ketika mobil bergerak di jalan menanjak. Dalam bahasa sederhana, sistem gerak roda belakang berarti tenaga mesin digunakan mendorong bodi mobil ketika tanjakan. Sebaliknya, sistem gerak roda depan menarik bodi mobil.

Kemampuan pengendaraan Avanza juga didukung hal fundamental lain, yakni ground clearance 200 mm. Ketinggian itu ideal untuk pemakaian sehari-sehari hingga perjalanan jarak jauh.

Poin penting lain yang dimiliki Avanza adalah radius putar sebesar 4,7 meter. Banyak orang tidak mempertimbangkan hal ini saat survei membeli mobil baru, padahal semakin kecil radius putar berarti kendaraan semakin praktis digunakan misalnya saat putar balik atau parkir di tempat sempit.


Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor menjelaskan sistem gerak roda belakang Avanza menjadi modal mobil digemari oleh konsumen dalam negeri.

"Kami bersyukur Avanza kami di (segmen) low MPV masih diterima masyarakat dengan penggerak roda belakang. Mobil bisa angkut barang dan orang lebih banyak dari pada depan," tutup pria karib disapa Soerjo itu.

Kendati generasi kedua telah lahir pada 2011, lantas versi perubahan besar-besaran hadir pada 2015, esensi spesifikasi yang sudah disebutkan di atas tidak pernah berubah walaupun kemasan Avanza kian semakin modern dan aman. Saat ini, Toyota sedang menjalankan studi untuk generasi ketiga Avanza.

(mik)