NASA Putar Lagu Demi Bangunkan Wahana Antariksa di Mars

RBC, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 11:57 WIB
NASA Putar Lagu Demi Bangunkan Wahana Antariksa di Mars Ilustrasi permukaan Mars. (Foto: NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wahana antariksa Opportunity milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) sudah "tertidur" selama lebih dari dua bulan terakhir. Hal ini diakibatkan oleh badai pasir besar yang menghantam planet Mars tempat Opportunity menjalankan misinya.

Opportunity yang digerakkan oleh tenaga soalr diperkirakan tidak mendapat pasokan tenaga karena badai pasir menghalangi cahaya matahari.

Selama kurun waktu lebih dari 14 tahun berada di Mars, komunikasi antara para ahli NASA dengan Opportunity terhenti sejak 10 Juni silam.


NASA memang tidak terlalu mengharapkan respons dari Opportunity setidaknya sampai keadaan Mars membaik pascabadai pasir. Namun, para ahli yang bekerja di ruang kontrol ingin berusaha menyemangati Opportunity untuk bangkit kembali.

Sebagai upaya menghidupkan Oportiunity, tim NASA mulai membuat inisiasi dengan memutarkan lagu-lagu dari ruang kendali di Bumi. Para ahli telah mengumpulkan sejumlah lagu dan memutarkannya setiap hari, dengan harapan Opportunity bisa memberikan respons.

Sejauh ini, beberapa lagu yang sudah diputarkan antara lain 'Wake Me Up Before You Go-Go' dan 'Dust in the Wind'. Lagu-lagu lain yang juga terdapat dalam daftar putar antara lain 'Here Comes the Sun' milik The Beatles, 'Keep Yourself Alive', dan 'Bohemian Rhapsody' milik Queen.

"Keyakinan kami mulai goyah akhir-akhir ini, karena ini adalah pertama kalinya Opportunity berhenti berkomunikasi dengan kami dan tetap tidak menjawab seperti yang kami harapkan," ujar salah seorang ahli dalam program tersebut, Michael Stab mengutip Tech Times.

"Kami akan terus memutarkan lagu sampai Opportunity menjawab."

Selain memutarkan lagu, para ahli juga secara rutin mengirimkan perintah kepada Opportunity sebanyak tiga kali seminggu, berharap wahana antariksa tersebut menjawab mereka. (evn)