Apple Jelaskan Tak Ada Peretasan kepada Kongres AS

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 07:08 WIB
Apple Jelaskan Tak Ada Peretasan kepada Kongres AS Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Jason Lee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagian keamanan sistem Apple Inc. mengatakan kepada kongres Amerika Serikat bahwa mereka tidak menemukan tanda-tanda transmisi yang mencurigakan atau bukti telah terjadi peretasan yang canggih pada rantai pasokannya.

Wakil Presiden Keamanan Informasi Apple George Stathakopoulos menulis sebuah surat kepada komite perdagangan senat AS bahwa perusahaan telah berulang kali melakukan penyelidikan. Mereka tidak menemukan bukti seperti yang dituliskan oleh Bloomberg Businessweek yakni adanya cip dalam server yang dijual kepada Apple oleh Super Micro Computer Inc.

Cip ini memungkinkan transmisi backdoor ke China.
"Alat keamanan milik Apple terus memindai untuk jenis lalu lintas keluar ini untuk menunjukkan adanya malware atau aktivitas jahat lainnya. Tidak ada yang ditemukan," tulisnya dalam surat yang diberikan kepada Reuters.


Stathakopoulos mengulangi pernyataan Apple kepada pers bahwa ia tidak pernah menemukan chip atau kerentanan dalam sistem yang sengaja ditanam di server mana pun atau seperti yang disampaikan Biro Investigasi Federal (FBI) tentang kekhawatiran tersebut. Dia mengatakan dia akan tersedia bertemu staf Kongres untuk menjelaskan masalah ini.

Surat itu yang dikeluarkan oleh Apple menyusul pernyataan Pusat Keamanan Maya Nasional Inggris pada Jumat (5/10) dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS pada Sabtu (6/10) bahwa lembaga-lembaga tersebut tidak memiliki alasan untuk meragukan penyangkalan dari Apple dan Amazon.com Inc bahwa mereka tidak menemukan chip backdoored. (age/age)