7 Mobil Esemka Gagal Mengaspal Gara-gara Euro 4

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 18:15 WIB
7 Mobil Esemka Gagal Mengaspal Gara-gara Euro 4 Esemka Garuda 1. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kendaraan buatan Esemka telah terdaftar di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan sudah melalui serangkaian pengujian kendaraan.

Tercatat, ada delapan kendaraan Esemka yang sudah pernah menjalani uji tipe sejak 2012-2018, namun di antara itu semua cuma satu yang berhasil lulus dan bisa diproduksi massal.

Satu-satunya model itu adalah Garuda 1. SUV bermesin diesel 2.000cc ini sudah melewati tahap uji tipe pada 5 September 2018.


"Jadi yang sudah lolos itu mobil dieselnya Garuda 1," kata Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sigit Irfansyah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (16/10).

Dari penjelasan Sigit, tujuh kendaraan Esemka yang belum lulus uji tipe merupakan model bermesin bensin yang terbentur regulasi emisi gas buang baru, setara Euro 4, yang ditetapkan pemerintah berlaku pada 7 Oktober 2018. 

Aturan emisi gas buang kendaraan itu ada di Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Dalam aturan ini juga menetapkan Euro 4 untuk kendaraan diesel berlaku pada 2021.

Model Bensin Tidak Sesuai Euro 4

Kendaraan bensin Esemka yang pernah diuji tipe terdiri dari mobil penumpang, pikap kabin ganda, dan pikap bak terbuka. Di antaranya diketahui Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, dan Borneo 2.7D (4×2) M/T. Ketujuh model bensin Esemka itu masih mengacu pada regulasi lama, Euro 2.

"Untuk Euro 2, mereka itu sudah lolos sebetulnya. Tapi karena sudah Euro 4, ya harus mengukuti regulasi yang ada dong," ungkap Sigit.

Sigit menyampaikan saat ini seluruh mobil bensin Esemka sedang masa peningkatan spesifikasi agar sesuai Euro 4. Namun dia mengaku belum tau kapan Esemka kembali mengajukan uji tipe.

"Belum tau kapan mereka akan mengajukan lagi, semua tergantung mereka juga kan," kata Sigit.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut bahwa ada mobil Esemka yang telah mengantongi izin produksi melalui Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dan Sertifikasi Uji Tipe (SUT).

"Jadi sudah siap produksi karena SUT udah selesai," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika, belum lama ini.

Sementara itu Diaz Faisal Malik Hendropriyono, anak dari bos Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) AM Hendropriyono, mengatakan Esemka siap mengaspal dengan produk SUV. Mobil itu kemungkinan besar adalah Garuda 1, mobil berlogo Esemka yang sempat viral beberapa bulan lalu.

Diaz menjelaskan SUV Esemka sudah siap masuk ke jalur produksi massal di pabrik daerah Boyolali, Jawa Tengah. Namun jadwal pengenalan ke masyarakat belum bisa dipastikan kapan. (ryh/fea)