EDUKASI & FITUR

Hyundai dan Kia Patenkan Pilar A Transparan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/10/2018 11:06 WIB
Hyundai dan Kia mematenkan teknologi pilar A transparan yang memungkinkan pengemudi bisa melihat objek diam dan bergerak di area blind spot. Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/georgeclerk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hyundai dan Kia telah mematenkan teknologi pilar A transparan yang memungkinkan pengemudi bisa melihat objek diam dan bergerak di area blind spot. Fitur masa depan itu dijuluki 'pilar A display system'.

Paten diajukan Hyundai Group itu pada 17 Oktober 2017, dan hampir setahun setelahnya, yakni 11 Oktober 2018, paten itu diterbitkan oleh institusi pendaftaran hak cipta Amerika Serikat, demikian dokumen paten yang dipublikasikan Free Patent Online, mengutip Antara, Rabu (17/10).

Para produsen otomotif terus berinovasi agar produknya memenuhi kebutuhan konsumen, di antaranya pilar transparan.


Untuk diketahui, pilar A transparan bukan tembus pandang, namun tersimpan sistem yang bisa memindai gambar objek yang terhalang pilar A. Objek tersebut bisa dilihat pengendara melalui gambar yang ditampilkan pada sisi bagian dalam pilar A.

Tampilan objek pada pilar-A itu bisa diatur sesuai dengan posisi mata pengemudi dan proyektor gambar difokuskan.

Teknologi ini diharapkan akan menjadi solusi untuk menghilangkan blind spot area yang disebabkan oleh halangan tiang penyangga atap mobil di kabin depan (pilar A) yang letaknya berada di antara kaca samping depan dan kaca depan kendaraan.

Pada pilar A tradisional, biasanya pengendara sering kehilangan pandangan objek yang berada di balik pilar A dan ini kadang sangat mengganggu terutama saat kendaraan berbelok atau menikung.

Pada kendaraan terbaru yang beredar di pasaran saat ini, hanya menyediakan peringatan atau tanda yang memberitahukan bahwa ada objek bergerak di area blind spot karena terhalangnya pandangan pengendara oleh pilar A.

Hyundai dan Kia bukanlah produsen pertama yang menawarkan pilar A transparan. Pada tahun 2017, aplikasi paten pernah yang diterbitkan oleh Toyota, dan tiga tahun sebelumnya Jaguar Land Rover meluncurkan ide untuk membuat pilar A transparan. (mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK