Starman dan Tesla Milik SpaceX Sudah Melewati Orbit Mars

CNN Indonesia | Senin, 05/11/2018 18:59 WIB
Starman dan Tesla Milik SpaceX Sudah Melewati Orbit Mars Starman yang mengendarai Tesla Roadster di luar angkasa kini sudah melewati orbit Mars (SpaceX)
Jakarta, CNN Indonesia -- SpaceX mengumumkan bahwa Tesla Roadster, mobil listrik berwarna merah yang dikendarai oleh Spaceman, manekin berpakaian luar angkasa, miliknya telah berhasil melewati orbit Mars.

Dilansir dari Space, SpaceX mencuitkan informasi mengenai keberadaan Starman pada akun Twitter milikya.

"Lokasi Starman saat ini. Berikutnya berhenti di restoran ujung alam semesta," ujar SpaceX pada cuitannya.




Kalimat kedua dari cuitan ini diambil dari sebuah judul buku karya Douglas Adams, "The Restaurant at the End of Universe". Mantan CEO SpaceX Elon Musk memang kerap menaruh nama-nama buku atau karakter favoritnya pada penerbangan-penerbangan eksperimen SpaceX.

Nama Starman sendiri merupakan judul lagu yang dibuat oleh David Bowie pada 1972. Pada layar mobil Tesla Roadster ditampilkan tulisan "Dont Panic!", kalimat yang juga muncul di buku milik Adam.

Bahkan mulai sebelum peluncuran hingga Starman tiba di luar angkasa, Tesla Roadster terus memainkan lagu Bowie tahun 1969 yang berjudul "Space Oddity". Meski tentu saja Starman tidak bisa mendengarkan lagu itu di kehampaan luar angkasa. Musk pun memutar lagu "Life on Mars" sebagai tanda perpisahannya dengan Starman dan Tesla.

Musk meluncurkan mobil listrik merah Tesla Roadster pada misi peluncuran perdana Falcon Heavy SpaceX pada Februari lalu. Sementara Starman adalah awak mobil yang merupakan manekin dengan pakaian luar angkasa.

Musk juga menambahkan bahwa peluncuran Roadster dan Starman jauh lebih menyenangkan dibandingkan peluncuran buatan lainnya.

Menurut studi yang mempelajari pemodelan orbit, Starman dan Roadster akan melampaui ratusan ribu kilometer dan akan datang kembali ke bumi pada 2091. Para penulis juga menentukan bahwa kemungkinan nantinya mobil tersebut akan membentur Venus dan Bumi dalam beberapa puluh jtua tahun mendatang.

Mereka memberikan ruang mobil enam persen peluang untuk menabrak Bumi dalam satu juta tahun ke depan. Sedangkan untuk menabrak Venus, penulis memperkirakan 2,5 persen dalam rentang waktu itu.

Seluruh masyarakat dapat melacak keberadaan manekin luar angkasa dan Tesla pada whereisroadster.com, yang dibuat oleh pendiri Old Ham Media Ben Pearson.

Meskipun Tesla tengah mengalami gugatan terkait pembuatan Model 3 miliknya. Falcon Heavy dikabarkan akan meluncurkan satelit komunikasi Arab Saudi ke orbit geostasioner yang dijadwalkan akan diluncurkan pada Januari 2019, seperi dilansir Space. (jef/eks)