Motor Retro 'Jokowi' Punya Warna dan Lis Baru

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 16:55 WIB
Motor Retro 'Jokowi' Punya Warna dan Lis Baru Sepeda motor retro Kawasaki W175 punya pilihan warna dan striping baru. (Foto: Kawasaki Motor Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepeda motor retro Kawasaki W175 punya pilihan warna dan lis baru. Kelir baru yang dihadirkan adalah biru muda. Sementara untuk warna hitam dan silver dihiasi dengan striping baru, dengan aksen garis yang simpel dan elegan.

Warna putih tetap hadir sebagai edisi standar, masih tetap dengan jok hitam dan tangki serta sepatbor berwarna putih mutiara.

"Kami kenalkan warna baru untuk membuat semakin kuatnya image retro yang melekat pada motor ini," kata Kepala Sales dan Promosi KMI Michael C. Tanadhi melalui keterangan tertulis, pekan lalu.


Kata Michael untuk warna-warna baru tersebut tidak mendongkrak banderol W175. Harga masih sama, yaitu Rp29,8 juta untuk tipe standar, dan Rp31,1 juta untuk tipe spesial edisi.

Sementara spesifikasi tak berubah. Ia mengatakan motor ini mulai didistribusikan ke dealer-dealer Kawasaki di Indonesia mulai pertengahan November 2018.

W175 adalah model retro yang hadir menjadi keluarga 'W'. Motor ini hadir dengan mesin lebih kecil ketimbang keluarga W lainnya, yaitu Kawasaki W800 dan W250.

Untuk W175, Kawasaki membenamkan mesin berkubikasi 177 cc SOHC satu silinder dan dipadukan transmisi manual lima percepatan. Mesin dapat memuntahkan tenaga 12,8 tenaga kuda dengan torsi 13,2 Nm.

Berdasarkan data wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-Juni 2018, W175 telah terjual sebanyak 8.186 unit.

Motor Retro 'Jokowi' Punya Warna dan Lis BaruPresiden Joko Widodo kunjungan kerja di Tangerang menggunakan motor baru yang dibeli tiga minggu lalu. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Sejumlah merek motor Jepang dan Eropa di Indonesia tercatat tidak mengeluarkan produk pesaing W175. Yang terendus adalah Benelli yang menggelontorkan Motobi 200 EVO harga Rp30,8 juta beberapa waktu lalu. Motobi 200 EVO menawarkan kapasitas mesin yaitu, 195 cc, atau lebih besar 18 cc dari W175.

W175 mendadak viral setelah Presiden Joko Widodo menjadikan motor bergaya klasik itu sebagai bahan modifikasi. Roda dua yang meluncur pada akhir 2017 ini kemudian 'dipereteli' oleh rumah modifikasi Katros Garage untuk dijadikan motor custom beraliran 'chopper bobber'. (ryh/mik)