Nissan Pecat Carlos Ghosn

CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 22:30 WIB
Nissan Pecat Carlos Ghosn Carlos Ghosn (REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Nissan Motor Co memecat Chairman mereka Carlos Ghosn, Kamis (22/11) setelah penangkapan mengejutkan tokoh di industri kelas berat itu. Keputusan ini membawa Nissan pada periode tidak selama 19 tahun aliansinya dengan Renault.

Perusahaan Jepang itu juga mengumumkan bahwa dewan juga menyingkirkan Greg Kelly dari jabatannya sebagai wakil direktur. Sama seperti Ghosn, ia pun dituduh terlibat tuduhan penyelewengan keuangan.

Keputusan ini membuat jabatan chairman aliansi itu kosong. Sebelumnya, Renault sempat mendesak dewan Nissan untuk menunda pemecatan Ghosn, seperti disebutkan sumber yang dekat dengan masalah tersebut kepada Reuters.


Aliansi Perancis-Jepang ini telah guncang sejak penangkapan Ghosn (64) di Jepang, Senin (19/11). Ghosn sendiri adalah perancang aliansi tersebut. Pada 2016, aliansi ini memperluas kerjasamanya dengan mengikutsertakan Mitsubishi Motors. Belakangan ia mendorong adanya ikatan yang lebih dalam, termasuk berpotensi merger Renault-Nissan. Desakan merger ini datang dari pemerintah Perancis, namun ada keberatan kuat dari perusahaan Jepang.

Jaksa Jepang mengatakan Ghosn dan Kelly bersekongkol untuk mengurangi kompensasi yang sebenarnya diterima Ghosn di Nissan selama lima tahun sejak 2010. Ghosn hanya mencantumkan setengah dari kompensasi yang diterimanya, yaitu sekitar 10 miliar yen (Rp11,37 miliar).

Shin Kukimoto, wakil jaksa penuntut umum di Kantor Penuntut Umum Distrik Tokyo, mengatakan pada hari Kamis bahwa persetujuan pengadilan telah diterima sehari sebelumnya untuk menahan Ghosn selama 10 hari. hosn sendiri belum berkomentar apakah dia mengakui tuduhan tersebut atau tidak.

Ghosn dikenal sebagai inisiator aliansi Jepang-Perancis antara Nissan dan Renault. Belakangan Mitsubishi pun ikut dalam aliansi tersebut (REUTERS/Toru Hanai)
Eksekutif Nissan memiliki lima dari sembilan kursi di dewan anggota aliansi. Renault puny dua kursi dan dua lainnya dipegang oleh direktur eksternal yang tidak memiliki afiliasi yaitu dari mantan birokrat dan pembalap.

Ghosn dan Kelly saat ini masih dalam tahanan. Sehingga, tak satu pun dari pria itu dapat memilih atau membela diri pada atas keputusan dewan tersebut. Renault telah menahan anggota dewan agar tidak memecat Ghosn sebagai ketua dan CEO. Namun Mitsubishi Motors berencana untuk menghapus Ghosn dari jabatannya sebagai ketua pada pertemuan dewan pekan depan.

Di tengah meningkatnya ketidakpastian atas masa depan aliansi, menteri industri Jepang dan menteri keuangan Prancis akan bertemu di Paris pada hari Kamis untuk mencari cara untuk menenangkan hal ini.

"Bagi saya, masa depan aliansi adalah kesepakatan yang lebih besar," kata seorang pejabat senior Nissan kepada wartawan pada hari Rabu, ketika ditanya tentang penangkapan Ghosn. "Sudah jelas bahwa di usia ini, kita perlu melakukan banyak hal bersama. Tidak mungkin untuk berpisah."

Kasus ini mencuat setelah Nissan melakukan penyidikan internal berdasarkan informasi dari seorang informan, Senin (19/11). Informan menyebut bahwa Ghosn melakukan penyelewengan dengan menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi dan pemalsuan laporan pendapatannya selama bertahun-tahun.

Ghosn dan Kelly belum berkomentar tentang tuduhan itu dan Reuters belum dapat memperoleh tanggapan keduanya.

Jaksa penuntut mengatakan Ghosn ditahan di pusat penahanan Tokyo, yang dikenal sangat disiplin. Hal ini jauh dari gaya hidup mewah Ghosn yang biasa.

Pemberitaan Asahi Shimbun mengutip sumber tanpa nama, meyebut Ghosn telah memberi perintah kepada Kelly lewat email untuk membuat pernyataan palsu tentang remunerasinya, Kamis (22/11)/. Jaksa Tokyo mungkin menyita email terkait dan dapat menggunakannya sebagai bukti, kata laporan itu.

[Gambas:Video CNN]

Yomiuri, harian sirkulasi terbesar Jepang, mengutip sumber tanpa nama yang mengatakan penyelidikan internal Nissan menemukan bahwa Ghosn juga menginstruksikan agar perusahaan mengirimkan US$100.000 per tahun kepada kakak perempuannya sejak 2002. Transferan ini disebutkan sebagai imbalan atas perannya sebagai penasihat perusahaan yang sebemarnya tak pernah dilakukan.

Surat kabar itu mengatakan Nissan telah menemukan melalui penyelidikan bahwa saudara perempuan Ghosn sebenarnya tinggal dan mengelola sebuah apartemen mewah di Rio de Janeiro yang dibeli perusahaan itu melalui anak perusahaan di luar negeri, tetapi tidak melakukan pekerjaan penasehat untuk pembuat mobil. Nissan telah berbagi informasi ini dengan jaksa, kata Yomiuri.

Saham di Nissan ditutup naik 0,8 persen menjelang rapat dewan, akibat meluasnya pasar produsen otomotif tersebut.

Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
(eks/eks)




BACA JUGA