Sony Dikabarkan Uji Ponsel Lipat Layar Transparan

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 09:35 WIB
Sony Dikabarkan Uji Ponsel Lipat Layar Transparan Ilustrasi. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pabrikan ponsel asal Jepang, Sony, disebut tengah mengerjakan ponsel yang tak hanya bisa dilipat seperti Samsung Galaxy X tetapi juga memiliki layar transparan. Hal itu terungkap berkat pengajuan paten Sony belum lama ini.

Sejauh ini ponsel transparan masih menjadi fantasi futuristik yang ditampilkan dalam beberapa film fiksi ilmiah yang belum bisa diwujudkan. Penyebabnya adalah tantangan manufaktur untuk menyimpan komponen tanpa menghalangi tampilan tembus pandang.

Menurut laporan letsgodigital, Sony tampaknya mengakali kesulitan tersebut dengan menyembunyikan komponen di bezel ponsel yang sedikit lebih tebal di bagian bawah. Hal inilah yang akan membuat ponsel tersebut terlihat sedikit kuno.
Namun, konsep ponsel Sony menunjukkan bahwa ponsel tersebut akan memiliki dua layar yang masing-masing bisa diset seolah-olah ponsel menjadi tembus pandang. Menurut Gizchina, ponsel bisa diset dalam tiga keadaan, Non-Emission, Emission dan Transparent yang memungkinkan ponsel diset tak transparan juga.


Selain itu, kecanggihan ponsel itu akan ditambah dengan kemampuan untuk digulung dan setengah dilipat. Keduanya tetap akan memberikan tampilan transparan.

Sementara itu, layar transparan bisa menjadi cara yang baik untuk menggunakan fitur augmented reality (AR). AR sendiri dapat menyuguhkan informasi tambahan di dunia nyata di luar layar seperti jendela ke dunia lain yang menggabungkan virtual dan kenyataan.
Sebelumnya, Sony dikenal telah mendobrak teknologi baru dengan meluncurkan layar 4K pertama di ponsel, video gerakan Super Lambat pertama dan banyak lagi. Bisa jadi, ponsel ajaib ini diungkap segera setelah Mobile World Congress tahun depan. (kst/age)