Microsoft akan Bangun Sistem Operasi untuk Chrome

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 03:19 WIB
Microsoft akan Bangun Sistem Operasi untuk Chrome Ilustrasi. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Microsoft dilaporkan telah membuat sistem operasi (OS) versi ringan dari Windows yang saat ini disebut Lite. OS itu disebut akan digunakan untuk Chromebooks.

Laporan yang ditulis Petri pada Senin (3/12) itu juga menyebutkan bahwa Lite hanya akan menjalankan aplikasi Progressive Web Apps (PWas) dan Universal Windows Platform (UWP), sementara menghapus semua fungsi lainnya.

Kabar itu juga mengatakan bahwa OS ini adalah "versi Windows ringan" pertama yang tidak akan dijual di perusahaan kecil maupaun besar, dan bahkan mungkin tidak tersedia untuk dibeli sama sekali. Sama seperti Chrome OS, Windows Lite harus sudah diinstal sebelumnya oleh vendor desktop.


Klaim itu juga menyebutkan bahwa Windows 10 S dipensiunkan untuk memberi ruang bagi Windows Lite yang mungkin berjalan pada CPU Qualcomm berikutnya.

Tujuan dari Windows Lite disebut adalah untuk membuat semua jenis CPU berjalan super ringan, instan dan selalu terhubung. Petri juga menulis bahwa Qualcomm yang akan mengumumkan generasi Snapdragon 845 pekan ini diharapkan akan menjadi prosesor yang memperkuat perangkat-perangkat pertama yang menjalankan OS baru ini.

Menurut TechRadar, jika rumor dan spekulasi ini dapat dipercaya, pengguna akan bisa melihat peluncuran Lite pada awal 2019 di sejumlah perangkat dengan UI yang agak terpisah dari mitra Windows. Rumor mengenai OS baru Windows telah beredar selama lebih dari setahun, khususnya mengenai Windows Core OS dan Windows versi modern. (kst/age)