VW Incar Nebeng Produksi di Pabrik Ford

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 16:10 WIB
VW Incar Nebeng Produksi di Pabrik Ford Kantor Pusat Volkswagen di Wolfsburg. (Foto: REUTERS/Axel Schmidt)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu grup otomotif terbesar di dunia, Volkswagen AG, sedang menjajaki kemungkinan aliansi dengan Ford. Upaya itu terungkap setelah petinggi Volkswagen AG dan Ford Motor Co bertemu Donald Trump di Amerika Serikat (AS).

Disitat dari Reuters, CEO Volkswagen AG Herbert Diess mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan "mendirikan pabrik kedua di AS". Salah satu opsinya memanfaatkan pabrik milik Ford di AS.

"Kami berada di negosiasi yang cukup berkembang dan dialog dengan Ford Corporation untuk benar-benar membangun aliansi otomotif global, yang juga memperkuat industri otomotif AS" ucap Diess.


Executive Chairman Ford, Bill Ford Jr, menjelaskan kepada wartawan bahwa perbincangan dengan Volkswagen AG tentang aliansi berjalan "sangat baik". Meski begitu Bill Ford menyampaikan, "belum mendapat detail dari hasil perbincangan itu".

Analis dari RBC Capital Markets, Joseph Spak, menganalisa komentar Diess menunjukan keinginan Volkswagen AG menggunakan kapasitas produksi Ford yang tidak terpakai. Spak juga mengungkap ada produsen otomotif asal Eropa dan Asia yang sedang berusaha menggunakan sebagian kapasitas produksi General Motors.

Volkswagen AG memiliki pabrik perakitan di Chattanooga, Tennessee. Selain mencari lokasi produksi lain, ada opsi juga mengembangkan pabrik perakitan itu.

Diess menjelaskan Volkswagen AG tidak akan mengambil alih kepemilikan saham Ford untuk aliansi. Keuntungan buat Ford atas aliansi ini yakni bisa mengembangkan posisinya di Eropa menggunakan platform kendaraan Volkswagen AG.

Upaya aliansi ini merupakan salah satu respons atas komplain Trump soal ketidakseimbangan perdagangan sektor otomotif AS. Trump meminta para produsen top di AS menambah produksi lokal. (fea)