Beda Gaya Jokowi dan Prabowo Saat Naik Motor

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 09:00 WIB
Beda Gaya Jokowi dan Prabowo Saat Naik Motor Presiden Jokowi di atas motor Yamaha Xmax. (Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Coirul Anwar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persaingan merebut kursi nomor 1 di Indonesia antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo kian sengit. Tak hanya saling lempar kata-kata menyerang, aktivitas menaiki sepeda motor juga memiliki strategi jitu untuk menarik suara pemilih.

Berita terbaru, calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto tampil berbeda saat menghadiri undangan kopi darat pengemudi ojek online di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (16/12).
Calon Presiden nomor urut 2 menghadiri 'kopdar' pengemudi ojek online di Sentul, Bogor pada Minggu, (16/12).Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menghadiri 'kopdar' pengemudi ojek online di Sentul, Bogor pada Minggu, (16/12). (Foto: Dok. Tim Prabowo-Sandiaga)
Bila dalam setiap kesempatan Prabowo turun dari sport utility vehicle (SUV) mewah buatan Lexus, namun dalam acara akhir pekan lalu, Ketua Umum Partai Gerindra itu tiba dengan menaiki sepeda motor.

Prabowo terlihat menjadi 'boncenger', sementara pengemudinya seorang pria berjaket khas ojek online lengkap dengan helm warna hijau yang mengendarai skuter matik bongsor Yamaha, yaitu Xmax.


Prabowo duduk di belakangnya mengenakan setelan kemeja berwarna kuning muda dan celana jin, serta menggunakan helm half-face berwarna putih. Momen langka ini diabadikan banyak orang yang melihatnya.

Membahas soal motor, calon presiden nomor urut satu asal Solo, Joko Widodo, sebetulnya sudah lebih dulu memanfaatkan sepeda motor untuk mendekati masyarakat Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, presiden petahana justru meninggalkan mobil dinasnya dan memilih menunggangi si kuda besi.
Presiden Jokowi mengendarai motor custom.Presiden Jokowi mengendarai motor custom. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Beda antara dua calon ini terlihat, di mana Jokowi memilih mengendarai sendiri kuda besinya ketimbang harus duduk manis menjadi penumpang di atas sepeda motor.

Momen pertama Jokowi kendarai terlihat saat mantan Wali Kota Solo tersebut mengendarai Kawasaki KLX 150 BF SE ketika meninjau jalan Trans Papua di ruas Wamena-Habema (2017) dan meninjau tambak udang dan lahan hutan mangrove di Muara Gembong, Bekasi (2018).

Selanjutnya, Jokowi juga menunggangi motor custom Chopperland yang dibangun menggunakan basis Royald Enfield. Motor modifikasi itu Jokowi kendarai bersama komunitas motor saat kunjungan kerja ke daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Presiden ke-7 ini kembali menggunakan roda dua bertenaga listrik saat kunjungan ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, April 2018.

Setelah itu Jokowi kembali beraksi menunggangi sepeda motor saat pembukaan Asian Games Agustus 2018. Kendati menggunakan peran pengganti, aksi yang dibuat seolah-olah Jokowi sebagai penunggang asli sukses menyita perhatian khalayak.

Tidak sampai di situ, mantan Gubernur DKI ini kembali melakukan blusukan mengendarai sepeda motor custom berbasis Kawasaki W175. Blusukan pertama menggunakan sepeda motor custom baru ke wilayah Tangerang dan kedua ke Bandung, Jawa Barat.

Terakhir, Jokowi menaiki motor yang sama dengan digunakan Prabowo, yaitu Xmax. Kala itu Jokowi hanya menjajal duduk di atas jok Xmax saat menghadiri peringatan ekspor 1,5 juta sepeda motor Yamaha di pabrik Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung, Jakarta, Senin (3/12).

Jika ditotal, Jokowi jelas lebih sering tampil ke publik mengendarai sepeda motor daripada Prabowo hanya satu itu pun cuma jadi penumpang. (ryh/mik)