Edukasi & Fitur

Laci Mobil Awalnya untuk Menyimpan Sarung Tangan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 20:56 WIB
Laci Mobil Awalnya untuk Menyimpan Sarung Tangan Laci berada tepat di depan penumpang depan. Fungsi laci pada dasboar mobil untuk menyimpan barang-barang penting. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap mobil tersedia dasbor yang menyajika laci untuk menyimpan barang-barang penting. Laci berada tepat di depan penumpang depan. Ruang kosong ini sudah ada pada setiap mobil sejak beberapa puluh tahun lalu.

Mengutip berbagai sumber, awal mula laci mobil berfungsi untuk menyimpan sarung tangan pengemudi. Tak heran dahulu sebutannya glove compartment atau glove box hingga akrab disebut glovie.

Disebut glove box karena erat hubungannya dengan sarung tangan yang menjadi peralatan wajib mengemudikan mobil. Alasan mengapa pengemudi dahulu wajib membawa sarung tangan, karena kebanyakan mobil beratap terbuka.


Suhu udara yang dingin dikhawatirkan justru 'membekukan' tangan pengemudi jika tidak menggunakan sarung tangan. Karena itu sarung tangan menjadi benda wajib di dalam mobil.

Setiap pengemudi terpaksa menggunakan sarung tangan karena kebanyakan mobil juga belum dilengkapi sistem pemanas. Menggunakan sarung tangan diharapkan bisa menjaga tangan pengemudi tetap hangat.

Alasan lain sarung tangan sangat dibutuhkan adalah murni karena tuas transmisi mobil belum nyaman dioperasikan. Dengan cara membungkus tangan dipercaya bisa menjaga telapak tetap halus dan bersih.

Selain alasan-alasan itu, sarung tangan dianggap sebagai menjadi benda penting untuk menjaga penampilan seseorang. Oleh karenanya, menyimpan pada laci mobil (glove box) bisa membuat seseorang mudah menemukan sarung tangannya, terutama saat dibutuhkan dilansir thenewswheel.com.

Seiring dengan perkembangan zaman, glove box sudah berubah fungsi, termasuk namanya yang kini akrab disebut laci. Laci mobil kini untuk menyimpan buku manual kendaraan, buku servis, tisu, pena, kabel elektronik, dan kacamata hitam.

Laci mobil juga sudah berevolusi dan semakin modern bentuknya, dan kita akan sulit menemukan sarung tangan di dalamnya.

Inovasi di industri otomotif juga membuat laci semakin banyak fungsinya. Tidak jarang laci mobil saat ini dilengkapi lampu dan mengalir udara dingin untuk mendinginkan minuman.

Menurut Head Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, laci mobil berguna untuk meletakkan peralatan yang bersifat darurat, mulai senter, kotak P3K, dan peralatan kecil lain.

"Barang apa saja sih bisa masuk tap sebaiknya dipakai untuk meletakkan barang-barang untuk keperluan darurat seperti senter," tutup Didi. (ryh/mik)


BACA JUGA