Tips Otomotif

Langkah Aman Liburan Akhir Tahun

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 30/12/2018 16:42 WIB
Langkah Aman Liburan Akhir Tahun Pastikan kendaraan dalam kondisi siap dan aman agar selamat sampai tujuan sampai dan kembali ke rumah masing-masing. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liburan akhir tahun bersama keluarga telah tiba. Banyak dari kita yang mulai bergegas pergi ke luar kota dan mencari lokasi terbaik untuk menghabiskan waktu liburan pergantian tahun 2018-2019.

Ketimbang naik angkutan umum, berlibur menggunakan kendaraan pribadi untuk sebagian orang dianggap lebih asyik. Kita pun tak perlu repot naik dan turun kendaraan untuk menuju destinasi yang diinginkan.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar perjalanan liburan tetap aman, nyaman menggunakan kendaraan pribadi.


Berikut cara yang bisa pemilik mobil berdasarkan keterangan dari Daihatsu:

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi siap dan aman, mulai dari bagian mesin seperti oli, air radiator, rem, ban dan lampu-lampu. Apabila angka Odometer sudah mendekati waktu servis berkala, sudah sebaiknya membawa mobilnya dulu ke bengkel.

2. Perhatikan muatan dalam kabin, jangan sampai menghalangi visibilitas kaca spion ke arah belakang mobil, kemudian periksa juga tekanan angin pada ban. Gunakan fitur kendaraan sesuai dengan peruntukkan, seperti selalu mengenakan sabuk pengaman dan penggunaan lampu hazard hanya dalam kondisi darurat.


3. Selalu waspada dan hindari rem mendadak dengan selalu menjaga jarak aman. Nyalakan lampu sein saat ingin pindah jalur, dan jangan menggunakan telepon genggam saat mengemudi.

4. Bawa juga perlengkapan yang dibutuhkan seperti dongkrak, ban cadangan, kotak P3K, kunci-kunci, serta tool kit lainnya. Tidak lupa, selalu patuhi peraturan, dan rambu lalu lintas, serta membawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan.

5. Bukan hanya mobil, jika kita akan memasuki perjalanan panjang, pastikan kondisi tubuh selalu prima. Lalu beristirahatlah dan lakukan gerakan tubuh ringan, setiap dua jam perjalanan. (ryh/mik)


BACA JUGA