Tips Otomotif

Cek Mobil Setelah Libur Natal dan Tahun Baru

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/01/2019 14:06 WIB
Cek Mobil Setelah Libur Natal dan Tahun Baru Pengecekan roda dan kaki-kaki mobil wajib dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga telah usai. Sebelum kembali menjalani aktivitas normal, sebaiknya cek kendaraan setelah menempuh perjalanan jauh. Ada beberapa pengecekan setelah perjalanan libur akhir tahun agar mobil kembali fit saat digunakan.

Jenis pengecekan cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Berikut daftarnya.

Ban


Ban adalah komponen yang harus dicek. Sebab, sepanjang perjalanan, mungkin kita menemukan beragam kondisi jalan mulai dari halus hingga tidak rata. Kondisi jalan yang tidak rata khususnya, tanpa disadari memengaruhi kondisi roda secara keseluruhan.

Jadi, cek tekanan ban apakah masih sesuai dengan standar. Periksa pula apakah ada tonjolan pada permukaan ban. Bila ban mengalami kebocoran, segera tambal. Penting juga untuk melakukan spooring dan balancing agar kondisi roda tetap stabil.

Rem

Sektor pengereman juga wajib dicek setelah kita menempuh perjalanan jauh. Cobalah bongkar rumah kanvas rem, kemudian periksa ketebalan kanvas. Apabila ketebalan kanvas kurang dari 1 milimeter, sebaiknya ganti.

Selain itu, penting juga untuk tidak mengabaikan kondisi rem tangan. Biasanya, rem tangan berhubungan langsung dengan rem belakang. Periksa ketinggian tuas. Apabila sudut ketinggian rem tangan lebih dari 70 persen, sebaiknya bawa ke bengkel.

Pelumas mesin

Menggunakan mobil selama perjalanan panjang sudah tentu 'menyiksa' mesin karena harus bekerja terus-menerus. Hal ini membuat mesin jadi panas dan berpengaruh langsung terhadap kondisi oli mesin. Biasanya, oli akan habis sehingga mesin kurang pelumas dan cepat aus.

Untuk mengeceknya, angkat dipstick oli dan lihat apakah kondisi oli tidak kurang dari batas bawah. Periksa juga kualitas oli saat itu. Caranya, cukup teteskan sedikit oli ke ibu jari dan gesekkan dengan jari telunjuk. Bila oli terasa pekat atau mungkin terasa butiran, sudah seharusnya ganti oli.

Kaki-kaki Mobil

Ada beberapa komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan, diantaranya tierod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker.

Kenali juga bantalan roda yang sudah aus, yang sering kali ditandai dengan suara mendengung saat mobil melaju. Penting memeriksa bagian-bagian tersebut karena untuk menjaga kestabilan mobil.

Bersihkan Mobil

Poin terakhir cucilah mobil setelah digunakan jalan jauh untuk menjaga agar bodi dan kabin tetap bersih. Kotoran yang menempel pada bodi mobil akan memengaruhi kondisi cat sehingga dapat berpotensi mengelupas.

Sedangkan kotoran pada kabin membuat penumpang tidak nyaman. Untuk itu jangan sampai cuci mobil usai jalan jauh, mengutip situs resmi Nissan Indonesia. (ryh/mik)