Carlos Ghosn Tanpa Pengacara di Pengadilan Jepang

AFP, CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 11:42 WIB
Carlos Ghosn Tanpa Pengacara di Pengadilan Jepang Carlos Ghosn. (Foto: Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anak laki-laki mantan Chairman Nissan Carlos Ghosn, Anthony, mengatakan pada surat kabar Le Journal du Dimanche, ayahnya bakal membela dirinya sendiri di pengadilan terkait permasalahan dengan Nissan.

Ghosn telah ditahan oleh otoritas Jepang sejak 19 November lalu terkait dugaan penyelewengan keuangan yang dia lakukan pada Nissan. Sejak ditangkap Ghosn sudah menerima berbagai dakwaan yang membuatnya terus ditahan hingga 11 Januari 2019.

Ghosn juga dijelaskan telah menolak menandatangani pernyataan bersalah atas dakwaan yang sudah ditawarkan pengadilan Jepang. Padahal bila dia memutuskan mengaku bersalah maka penahanannya dihentikan.


Anthony menjelaskan ayahnya bakal menceritakan versinya sendiri terkait masalah ini saat pengadilan dengar pendapat digelar pada Selasa (8/1).

"(Dia bisa) bilang ke jaksa penuntut bahwa dia menentang dakwaan atau sebaliknya dia bisa mengaku dan dibebaskan. Selama tujuh pekan keputusan dia sudah jelas," ucap Anthony disitat dari AFP, Senin (7/1).

"Paradoksnya adalah bahwa pengakuan yang diminta untuk ditandatangani hanya ditulis dalam bahasa Jepang," ujar Anthony yang mengatakan bahwa ayahnya tidak bisa mengerti artinya.

Pihak otoritas Jepang saat ini sedang mengejar tiga penyelidikan berbeda pada Ghosn, termasuk soal penyalahgunaan keuangan saat menjabat sebagai chairman Nissan.

Ghosn dicurigai berkonspirasi dengan tangan kanannya, direktur Nissan Greg Kelly, untuk menyembunyikan sekitar setengah pendapatan Ghosn (sekitar US$44 juta) dari 2010.

Selain itu Ghosn dan Kelly diduga sengaja merendahkan laporan gaji Ghosn sekitar 4 juta yen untuk menghindari kritikan bahwa total gaji Ghosn terlalu besar.

"Dia siap membela dirinya sendiri dengan penuh semangat dan dia sangat fokus pada tujuan merespons tuduhan yang diberikan kepadanya. Dia sangat tenang," kata Anthony.

Menurut Anthony momen itu sangat dinanti karena bakal jadi yang pertama kali Ghosn bicara di depan orang banyak terkait perkara ini. Disebut kemungkinan banyak orang akan terkejut setelah mendengar versi Ghosn.

Anthony mengatakan saat pengadilan digelar, Ghosn bakal menghadiri dengan tangan diborgol dan mengenakan seragam tahahan. Dia bakal diberikan waktu 10 menit untuk bicara.

Ghosn diungkap telah kehilangan berat badan 10 kg setelah ditangkap. Dalam penahanan Ghosn disebut lebih banyak membaca buku. (fea)




BACA JUGA