YouTube Uji Fitur Rekomendasi Unduh Video

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 12:54 WIB
YouTube Uji Fitur Rekomendasi Unduh Video Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- YouTube selama lima tahun terakhir telah menggulirkan fitur unduh video, kini mulai merambah ke fitur rekomendasi unduh video. Fitur baru ini disediakan untuk pengguna YouTube di Malaysia.

Upaya ini nampaknya dilakukan demi mengejar ketertinggalan dari Netflix yang sudah lebih dulu memiliki fitur serupa.

Kemunculan fitur ini pertama kali diketahui dari pengguna asal Malaysia, @JazliAziz. Kepadia Android Police, ia melaporkan menemukan bagian bernama 'rekomendasi unduh' saat membuka aplikasi YouTube.


Kendati demikian, pengguna di Amerika Serika dan India justru belum kebagian fitur serupa. Besar kemungkinan anak perusahaan Alphabet ini tengah menguji itur tersebut di beberapa negara sebelum meluncurkannya secara luas.

Fitur ini kemungkinan bekerja dengan cara yang sama seperti halnya fitur rekomendasi YouTube lainnya yaitu berdasarkan video yang ditonton atau kemungkinan bakal disukai pengguna.

Sejauh ini tidak diketahui kapan pengujian serupa akan dilakukan pengguna di luar Malaysia. Kendati tidak ada jaminan jika fitur yang telah diuji akan dirilis untuk pengguna global.

Sebelumnya, Ubergizmo mencatat YouTube merilis fitur unduh video terutama untuk pengguna yang ingin tetap bisa menonton video tanpa terhubung internet. Fitur ini juga sangat berguna di pasar yang memiliki harga paket data mahal, sehingga pengguna bisa mengunduh video saat terhubung WiFi.

Netflix, di sisi lain, juga memiliki fitur yang sama untuk memberikan saran pada penontonnya series atau film apa yang cocok ditonton selanjutnya. Saran itu bekerja berdasarkan sejarah film yang sudah ditonton sebelumnya oleh pengguna. (kst/evn)