Keamanan Lemah, Peretas Bajak 'Printer'

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 07:20 WIB
Keamanan Lemah, Peretas Bajak 'Printer' Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pengguna Twitter selama beberapa hari belakangan melaporkan bahwa printer mereka telah dibajak seseorang. Hasil cetakan printer tersebut meminta agar pemilik printer berlangganan di saluran bintang YouTube, Felix "PewDiePie" Kjellberg.

Jumlah pelanggan PewDiePie di YouTube saat ini berjumlah 72 juta akun, dia saat ini menjadi saluran dengan pelanggan terbanyak di dunia.

Namun, menurutnya jumlah pelanggannya belakangan mulai tersaingi oleh saluran Youtube India T-Series, milik perusahaan produksi musik India. Saluran Youtube itu berisi konten tentang trailer dan iklan film Bollywood.




Cetakan yang telah dibajak itu juga meminta agar orang yang melihat pesannya menghentikan langganan kepada saluran India tersebut. Tak diketahui dari mana asal muasal pembajakan ini. Pengguna yang melaporkannya di sosial media berasal dari Kanada hingga Inggris.

Kendati demikian, seorang peretas di Twitter, @TheHackerGiraffe, belakangan mengaku bertanggung jawab atas pembajakan ini. Dia menyebutkan bahwa cara ini dilakukannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan printer.





"Printer Anda terkena peretasan. Saya mencoba memperingatkan Anda untuk menutupnya, bagaimana lagi saya akan mendapatkan perhatian Anda?" TheHackerGiraffe mengatakan kepada pengguna di Twitter, seperti dikutip The Verge, Jumat (30/11).

Akun @TheHackerGiraffe mengatakan bahwa dia memanfaatkan jejaring terbuka yang terhubung dengan ribuan printer seluruh dunia. Ini adalah kerentanan yang diketahui memungkinkan printer untuk menerima data.

Untuk melakukannya, peretas mengklaim bahwa mereka menggunakan alat bernama PRET yang, menurut laman GitHub, memungkinkan penyerang untuk "menangkap atau memanipulasi pekerjaan printer, mengakses sistem file dan memori printer atau bahkan menyebabkan kerusakan fisik ke perangkat".

Peretas menerangkan bahwa dia mendapatkan ide untuk meretas saat menjelajah Shodan.io, gudang penyimpanan untuk perangkat yang terhubung ke internet. Di sini, mereka mengklaim telah menemukan 800 ribu printer yang tersedia dan memutuskan untuk menyerang 50 di antaranya.

"Orang-orang meremehkan betapa mudahnya seorang peretas jahat menggunakan kerentanan seperti ini untuk menyebabkan kerusakan besar," kata TheHackerGiraffe. "Peretas dapat mencuri file, memasang malware, menyebabkan kerusakan fisik pada printer dan bahkan menggunakan printer sebagai pintu untuk menyusup ke jaringan perusahaan.

"Bagian yang paling mengerikan adalah: Saya tidak pernah mempertimbangkan peretasan printer sebelumnya, seluruh proses belajar, mengunduh, dan pembuatan skrip tidak lebih dari 30 menit," pungkasnya.

Dalam videonya beberapa waktu belakangan, PieDiePie seringkali menyisipkan konten yang meminta pelanggannya untuk meyakinkan orang lain untuk berlangganan ke saluran Youtube miliknya. Para penggemar lantas melakukan segala cara agar saluran idola mereka tak dilibas T-Series. Salah satu pengggemar bahkan melancarkan kampanye di seluruh kota dengan membeli setiap papan promosi, iklan radio dan TV yang ada. (kst/eks)