Google+ Dipastikan Tutup 2 April

Tim, CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 08:03 WIB
Google+ Dipastikan Tutup 2 April Ilustrasi Google+ (Foto: Istockphoto/Scyther5)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google mengumumkan layanan Google+ akan dihentikan mulai 2 April 2019. Pengumuman ini dikeluarkan oleh Google kepada seluruh pengguna Google+ lewat surel.

Dalam surel yang dikirimkan, Google juga mengungkapkan alasan di balik penutupan layanannya.

"Keputusan kami untuk menghentikan Google+ karena endahnya penggunaan dan sulitnya tantangan untuk mempertahankan layanan yang sesuai ekspektasi pengguna," tulis Google dalam surel kepada pengguna Google+.


Tepat pada 2 April nanti, semua akun dan halaman Google+ tak bisa lagi dgunakan. Google juga memastikan akan menghapus semua konten, termasuk foto dan video di arsip album dari layanan Google+.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California ini mengatakan proses penghapusan konten penggunanya butuh waktu beberapa bulan. Selama waktu tersebut, pengguna tetap bisa melihat aktivitas pertemanan Google+.

Pengguna bisa mengamankan seluruh data yang sempat dibagikan lewat Google+ dengan mengunduh dan menyimpannya sebelum April.

Seiring dengan rencana tersebut, mulai hari ini (4/2) pengguna tidak bisa lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara baru lewat Google+.

Rencana penutupan Google+ sebenarnya sudah diungkap sejak Oktober 2018. Selain sepi pengguna, Google sempat tersandung kasus kebocoran data pengguna yang membuat perusahaan mematikan sementara layanan Google+.

Google menetapkan bahwa kerentanan memengaruhi sekitar 52,5 juta pengguna, memungkinkan aplikasi untuk melihat informasi profil seperti nama, pekerjaan, usia dan alamat email bahkan jika akses disetel ke pribadi. (evn)