Satelit China Berhasil Ambil Gambar Sisi Bulan Terjauh

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 17:30 WIB
Satelit China Berhasil Ambil Gambar Sisi Bulan Terjauh Ilustrasi. (REUTERS/Henry Romero)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap malam tiba, langit akan didominasi oleh pemandangan bulan. Namun, tak banyak yang mengetahui, bumi hanya bisa melihat satu sisi bulan saja.

Sehingga sisi terjauh bulan tidak pernah menjadi subjek fotografi. Namun, saat ini, China yang  mengirimkan satelit ke sisi terjauh bulan mulai membuahkan hasil.

Dilansir dari BGR, China berhasil memiliki gambaran sisi terjauh bulan. Gambar tersebut ditangkap oleh satelit Longjiang-2 yang dikirim ke angkasa tahun lalu.
Satelit ini bahkan menampilkan adegan pemotretan bumi sebagai latar belakang. Satelit pencitraan ini dikirim ke luar angkasa sebagai bagian dari persiapan misi Chang'e-4 China.


Badan antariksa negara itu mengirim perangkat keras komunikasi ke orbit bulan sehingga dapat menyampaikan informasi bolak-balik antara pendarat dan penjelajah di sisi jauh Bulan. Dalam gambar yang dikirimkan ke bumi, terdapat hasil pemandangan mata tentang bagian belakang atau sisi terjauh bulan yang selama ini tak terlihat dari bumi.

Lembaga antariksa lain seperti NASA mulai bersiap dalam eksplorasi bulan. Penelitian terhadap bulan ini diharapkan dapat mengungkap banyak rahasia tentang bulan. (age/age)