Google Berencana Beri Fitur iPhone pada Pixel 4

CNN Indonesia | Senin, 11/02/2019 11:17 WIB
Google Berencana Beri Fitur iPhone pada Pixel 4 Ilustrasi. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google dikabarkan akan memberikan peningkatan fungsi SIM ganda pada Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Dilansir dari Phonearena, Google Pixel 2 dan Pixel 3 telah menggunakan SIM ganda yakni slot eSim dan slot kartu SIM.

Sayangnya, dua ponsel ini memiliki sistem single standby. Artinya, walau dua nomor yang tertanam di ponsel, hanya satu nomor yang bisa aktif.

Sistem ini berbeda dengan dual SIM yang dimiliki iPhone yakni baik eSIM dan kartu SIM bisa aktif secara bersamaan.
Berdasarkan data yang terdapat pada halaman AOSP, seorang karyawan Google mengatakan bahwa Android Q akan mendukung dual SIM, dual Standby atau bahkan dual SIM, dual Active jika perangkat dan operator mendukungnya sebagai baik.


Google juga menunjukkan bahwa dual SIM, dual Standby sedang diuji secara internal pada Pixel 3 sebagai persiapan untuk digunakan dengan model Pixel 4.

Intinya adalah bahwa dual SIM, dual Standby dapat ditambahkan ke seri Pixel 2 dan Pixel 3 jika diinginkan Google. Selain sistem nomor ganda, Pixel 4 dikabarkan akan bezel-less. Tombol sidik jari masih muncul di bagian belakang.
Selain itu ada 'bocoran' bahwa Android Q akan mendukung pemindai wajah.

Sebelumnya, Google telah meluncurkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada Oktober tahun lalu. Tak seperti ponsel pintar di pasaran, Pixel 3 dan 3 XL hanya memiliki satu kamera belakang. Namun, kedua ponsel ini memiliki dual kamera depan untuk selfie wide angle.

Ponsel Google generasi ketiga ini dibanderol US$799 atau setara Rp12,1 juta. Harga ini lebih mahal US$150 atau Rp2,2 juta dari seri sebelumnya. Sedangkan untuk tipe 3 XL dibanderol US$899 atau setara Rp13,7 juta. Harga ini lebih mahal US$50 atau sekitar Rp700 ribu dari seri pendahulunya. (age/age)