Toyota Masih Jual 'Avanza' Transmover, tapi Pakai Desain Lama

Febri Ardani, CNN Indonesia | Jumat, 01/03/2019 08:51 WIB
Toyota Masih Jual 'Avanza' Transmover, tapi Pakai Desain Lama Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Magelang, CNN Indonesia -- Toyota Avanza model terbaru diluncurkan pada 15 Januari 2019 dan stok model lama dipastikan telah ludes seiring dengan peluncuran Avanza 2019.

Meski begitu, Toyota-Astra Motor (TAM) mengaku masih menjual varian khusus taksi dan fleet, Transmover, produksi 2019 yang dipertahankan memakai desain model lama.

"Kami masih jual karena masih ada kebutuhan. [Transmover] Masih menggunakan model yang lama, masih menggunakan model Transmover sebelumnya, jadi enggak menggunakan desain yang sama dengan yang baru," ungkap Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2).


Menurut Anton penjualan Transmover tidak rutin, jadi produksinya juga dilakukan sesuai pemesanan. Diungkap pembelian Transmover paling banyak berasal dari perusahaan taksi atau rental, terbesar yang diungkap yaitu Blue Bird.

Pada tahun lalu, kata Anton, Blue Bird memesan kisaran 5.000 unit Transmover yang berarti penjualan per bulan sekitar 400an unit.

[Gambas:Instagram]

Pada dua bulan awal tahun ini diungkap Anton pemesanan Transmover tidak begitu banyak, hanya disebut "ratusan unit".

Dijelaskan, biasanya pemesanan Transmover dari perusahaan taksi dilakukan menjelang lebaran sebab pada awal tahun pemesan dari kalangan rental atau perusahaan taksi baru melakukan budgeting atau perencanaan perusahaan pada awal tahun.

Keputusan mempertahankan Transmover dengan desain lama dikatakan setelah berdiskusi dengan konsumen. Kata Anton, menurut konsumen desain lama masih ok dan ada kecenderungan konsumen mempertimbangkan agar unit baru yang dibeli desainnya sama seperti unit lama yang sudah beroperasi. (fea/mik)