Cerita Luhut dan Pendiri Grab soal Thinkubator

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 15:55 WIB
Cerita Luhut dan Pendiri Grab soal Thinkubator pendiri Grab Anthony Tan. (Foto: CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengatakan ajang Thinkubator merupakan inisiatif yang lahir dari diskusi dirinya dengan pendiri Grab Anthony Tan.

Dia menuturkan ajang itu merupakan ajang itu untuk para milenial Indonesia dengan target menjadi Unicorns bahkan Decacorns selanjutnya. Diskusi antara Luhut dan Tan sendiri dilakukan di sela-sela forum WEF di Davos, Swiss pada Januari lalu.

"Apa sih yang bisa kita buat supaya startup Indonesia bisa berkembang," katanya dalam akun resmi Facebooknya, Senin (18/3). "Dari situ tercetus gagasan membuat kompetisi startup."


Dia mengharapkan Thinkubator akan membuat sebagian peserta menjadi orang kaya. Tak mesti dari ibukota, kata Luhut, namun kalau bisa berasal dari timur Indonesia.


"Saya kembali berharap di antara pesertanya nanti akan ada yang menjadi orang kaya," tegasnya.

Jika demikian, kata dia, maka pemerataan dalam bidang teknologi untuk para milenial seperti yang diinginkan Presiden dapat dilakukan.

Para startup dari seluruh Indonesia bisa mendaftarkan diri serta mengunduh proposal ide mereka di www.thinkubator.detik.com pada 5-21 Maret 2019. Kemudian Akan ada proses seleksi online hingga 22 Maret 2019.

Sejumlah 150 startup yang terpilih berhak untuk mengikuti conference dan workshop bersama para expert di bidangnya pada 28 Maret 2019. Kemudian ada 6 peserta yang akan maju ke babak Final Live Pitch yang akan diperkenalkan kepada publik.


Para finalis akan berhadapan dengan juri yang akan menjadi investor mereka pada 29 Maret 2019 dan acara Live Pitch akan disiarkan langsung di Transmedia. (asa/asa)