Poin Kolaborasi Toyota-Suzuki di Dunia Berbeda-beda

mik, CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 17:40 WIB
Poin Kolaborasi Toyota-Suzuki di Dunia Berbeda-beda Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Suzuki Motor Corporation (Suzuki) pada Rabu (20/3), mengumumkan kesepakatan untuk mulai berkolaborasi di bidang baru. Kedua perusahaan telah mempertimbangkan detail kolaborasi mereka sejak menyelesaikan nota kesepahaman tentang kemitraan bisnis pada 6 Februari 2017.

Toyota memiliki kekuatan pada teknologi elektrifikasi dan Suzuki maju dalam teknologi kendaraan kompak. Selain menyatukan dua kekuatan itu, Toyota dan Suzuki ingin tumbuh di bidang baru, seperti berkolaborasi dalam produksi dan popularisasi kendaraan listrik.

Sejauh Toyota dan Suzuki punya cara meningkatkan kemampuan produk-produknya, kedua perusahaan bermaksud untuk mempertimbangkan kolaborasi lebih lanjut untuk menciptakan mobilitas masa depan yang lebih baik.


"Melalui perjanjian baru kami, kami menantikan penggunaan teknologi hibrida yang lebih luas, tidak hanya di India dan Eropa, tetapi di seluruh dunia," kata Presiden Toyota Akio Toyoda mengutip laman resmi Toyota, Kamis (21/3).

Dalam kerja sama ini kedua perusahaan menciptakan suatu kendaraan baru untuk setiap negara yang dinilai telah memperhitungkan kebutuhan konsumen.

Berikut bunyi perjanjian kedua perusahaan:

Toyota Menyediakan Teknologi Listrik dan Kendaraan Listrik

1. Toyota Hybrid System (THS) akan digunakan Suzuki untuk keperluan pengembangan mobil-mobil Suzuki di dunia.
2. Toyota menyediakan teknologi kendaraan listrik (HEV) untuk Suzuki melalui pengadaan sistem, mesin, dan baterai HEV untuk mobil-mobil Suzuki di India.
3. Toyota memasok dua kendaraan listrik baru yang dibangun di atas platform RAV4, Corolla untuk kebutuhan Suzuki di Eropa.

Suzuki Menyediakan Platform Mobil Kompak

1. Suzuki memasok dua kendaraan kompak yang dibangun di atas platform Ciaz dan Ertiga ke Toyota untuk pasar otomotif India.
2. Toyota menggunakan mesin-mesin berukuran kecil dari Suzuki untuk mobil-mobil Toyota di Eropa.
3. Suzuki menyuplai platform Baleno, Vitara Brezza, Ciaz, dan Ertiga untuk kebutuhan Toyota di pasar otomotif Afrika.

Saling Memanfaatkan Kekuatan Kedua Perusahaan

1. Bersama-sama mengembangkan multi purpose vehicle (MPV) untuk pasar otomotif India.
2. Toyota Kirloskar Motor Pvt. Ltd. (Toyota India) akan rebagde Suzuki Vitara Brezza mulai 2022. (mik)