Bikin 'Kantong Jebol' Tak Disarankan Beli Eceran Suzuki Sport

ray, CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 15:17 WIB
Bikin 'Kantong Jebol' Tak Disarankan Beli Eceran Suzuki Sport Ertiga Suzuki Sport diluncurkan di Jakarta, Jumat (22/3) dengan harga Rp241 juta buat transmisi manual dan Rp251,5 juta untuk otomatis. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ertiga Suzuki Sport resmi diluncurkan hari ini Jumat (22/3) dengan sejumlah 'pemanis' pada tampilan eksterior, interior dan penambahan fitur baru yaitu electronic stability programme (ESP) dan hill hold control khusus transmisi otomatis.

Pemilik Ertiga lawas atau varian GA, GL dan GX bisa memodifikasi mobilnya dengan memilih bodi kit Suzuki Sport yang dibeli secara eceran, namun kompensasinya bikin 'kantong jebol' jika seluruh komponen Suzuki Sport dibeli tak satu paket dengan mobil.
Contoh emblem Suzuki Sport dijual dengan harga Rp109 ribu. Harga tersebut belum termasuk jasa pasang. Sementara komponen termahal Suzuki Sport yaitu head unit layar sentuh yang harganya Rp4,27 juta plus jasa pasang senilai Rp110 ribu.

Jika ditotal ada 13 komponen dengan harga mencapai Rp17,850,500, belum termasuk ongkos pasang sebesar Rp3,272 juta.

"Saya menyarankan adalah ganti yang baru. Karena tidak value for money," kata Sales Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat Makmur di Jakarta, Jumat (22/3).


Keuntungan Membeli Ertiga Suzuki Sport

Ertiga Suzuki Sport menawarkan fitur penting untuk keselamatan selama berkendara yaitu ESP dan hill hold control yang tidak dimiliki varian di bawahnya.

Fitur hill hold control yang hanya tersedia pada varian transmisi otomatis, Head of Service SIS Riecky Pratayudha punya alasannya yaitu pengendara Ertiga Suzuki Sport transmisi manual disebut tidak membutuhkan fitur tersebut.

"Matik tidak punya basic kopling. Jadi rentan mundur makanya kami pakai di matik saja," ucap Riecky. (ryh/mik)