Venus, Jupiter, dan Saturnus Bisa Diamati Bersamaan Esok Pagi

CNN Indonesia | Kamis, 28/03/2019 18:58 WIB
Venus, Jupiter, dan Saturnus Bisa Diamati Bersamaan Esok Pagi Ilustrasi planet Saturnus. (Foto: REUTERS/NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Venus, Jupiter, dan Saturnus bisa diamati bersamaan pada Jumat (29/3) pukul 04.30 waktu setempat. Ketiga planet in bisa diamati dari lantaran sedang berada di sisi malam hari Bumi.

Pengamatan bisa dilakukan menggunakan teleskop. Untuk mengamati, pastikan Anda menghadap ke arah timur karena Jupiter berada di ketinggian 72 derajat, Saturnus 52 derajat, dan Venus 12 derajat dari langit timur.

Secara rinci, Jupiter menjadi planet pertama yang terlihat terbit dari langit Bumi. Jika diamati sejak Kamis (28/3) pukul 23.40, Jupiter akan berada di ketinggian 10 derajat dari arah timur.


Jika tak menggunakan teleskop, Jupiter hanya terlihat seperti bintang dengan cahaya kuning. Dibandingkan bintang, cahaya Jupiter lebih stabil dan tidak berkelap-kelip.

Sementara Saturnus mulai bisa diamati sejak Kamis (29/3) pukul 01.30 dini hari di ketinggian 10 derajat dari arah timur. Untuk bisa melihat Saturnus dengan cincin yang melingkarinya, pastikan pengamatan menggunakan teleskop.

Mengutip Earth Sky, Venus akan menjadi planet dengan penampakan paling terang saat diamati dari Bumi. Planet kedua di sistem tata surya ini akan terbit sejak Kamis (28/3) pukul 04.30 di ketinggian 10 derajat arah timur.

Venus akan tampak semakin terang sebelum matahari terbit. Seiring dengan matahari terbit, Venus akan membuat langit semakin biru.

Fenomena ini bisa diamati di seluruh Indonesia dengan kondisi cuaca cerah. Sejumlah peneliti memastikan fenomena ini tidak memberikan pengaruh apa pun, tetapi hanya peristiwa biasa. (evn/evn)


BACA JUGA