Boeing Tunda Uji Coba Pesawat Ruang Angkasa

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 17:51 WIB
Boeing Tunda Uji Coba Pesawat Ruang Angkasa Ilustrasi Boeing. (Stephen Brashear/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boeing akan menunda uji coba penerbangan pesawat kapsul ruang angkasa Starliner dari April menjadi Agustus mendatang.

Dilansir dari AFP, Starliner akan diuji coba untuk membawa astronaut Amerika Serikat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Pesawat ruang angkasa Starliner, yang berada dalam tahap akhir tes darat dan akan diluncurkan ke ruang angkasa di atas roket United Launch Alliance Atlas V.
Jika tes tak berawak berjalan dengan baik, penerbangan kapsul berikutnya akan memiliki tiga astronot di atas pesawat yakini Nicole Mann dan Mike Fincke dari NASA, bersama dengan Chris Ferguson dari Boeing.


Pada akhirnya, Starliner akan menjadi salah satu dari dua kendaraan Amerika yang digunakan untuk membawa astronot NASA ke ISS. Sementara satu kendaraan lainnya adalah kapsul SpaceX's Dragon.

Pada Maret, SpaceX berhasil menyelesaikan misi uji hampir satu minggu di luar angkasa. Kapsul Naga berhasil merapat di ISS sebelum kembali ke Bumi.
Misi berawak pertama di atas pesawat ruang angkasa Dragon akan berlangsung pada akhir tahun, dengan tanggal yang akan dikonfirmasi "dalam beberapa minggu ke depan," menurut NASA. (age)