Edukasi & Fitur

Pentingnya Sepatu Bot untuk Pengendara Motor

ray, CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 19:45 WIB
Pentingnya Sepatu Bot untuk Pengendara Motor Foto: Istockphoto/Alex_Ishchenko
Jakarta, CNN Indonesia -- Perlengkapan wajib pengendara sepeda motor tidak hanya helm, jaket dan sarung tangan. Bikers harus paham bahwa keselamatan berkendara juga meliputi alas kaki.

Untuk diingat, pengguna roda dua tidak bisa sembarang memakai alas kaki, apalagi hanya menggunakan sandal. Oleh karenanya sepatu sangat diwajibkan menjadi peranti inti yang digunakan seseorang pengendara motor guna melindungi kaki selama di atas kuda besi.

Sepatu yang dianjurkan juga harus menutup mata kaki, seperti sepatu bot. Desain sepatu bot harus di atas mata kaki untuk melindungi kaki pengendara saat terjadi benturan. Selain itu sepatu bot juga dapat memberi perlindungan, misalnya untuk terhindar dari knalpot, cuaca ekstrim, dan kerikil.


Autohowstuffworks menjelaskan sepatu yang digunakan bukan sekadar bot tetapi harus pas dan nyaman saat digunakan. Sebab jika kaki tidak nyaman, itu akan menyebabkan gangguan hingga terasa lebih cepat lelah.

Pengendara motor bisa memilih bot yang terbuat dari bahan berkualitas, seperti kevlar. Memang harganya relatif tinggi, namun sepatu bot dengan bahan tersebut diyakini bisa mencegah kaki dan pergelangan kaki hancur, terkilir atau terpelintir ketika terjadi insiden tabrakan.

Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana juga berpendapat demikian. Menurut dia sepatu bot yang benar untuk motor harus dapat melindungi kaki pengendara. Bahannya pun harus kaku dan anti air.

"Jadi yang diambil sepatu ini adalah melindungi engkel. Karena saat jatuh engkel terlindungi," kata Sony saat CNNIndonesia.com hubungi pada Senin (8/4).

Sony menambahkan bahwa bot juga harus memiliki desain tapak semi AT atau all terrain tujuannya agar maksimal mencengkeram jalan basah dan kering saat kaki menahan bobot motor. (ryh/mik)


BACA JUGA