Harga Suzuki Jimny di Singapura Capai Rp1,1 M

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 21:25 WIB
Harga Suzuki Jimny di Singapura Capai Rp1,1 M Suzuki Jimny generasi terbaru di Telkomsel IIMS 2019. (Foto: Dok. Suzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Jimny mulai dijual di Singapura bertepatan pameran otomotif The Cars at Expo berlangsung mulai 27-28 April 2019. Singapura menjadi negara kedua setelah Thailand di Asean untuk penjualan Jimny.

Champion Motors selaku importir Suzuki di Singapura menjual mini jip itu dengan harga 114.100 dolar Singapura atau setara Rp1.194.959.373 (1 dolar Singapura = Rp10.452).

Suzuki Jimny model terbaru hadir dengan dua varian, yaitu Jimny dan Jimny Sierra. Jimny menyuguhkan mesin R06A 658 cc tiga silinder intercooler turbo. Jimny Sierra menggunakan mesin K15B kapasitas 1.500 cc yang sudah digunakan pada Ertiga generasi kedua dan telah diluncurkan di Indonesia pada April 2018.


Mengutip Paultan, Jumat (3/5), di Singapura, Suzuki Jimny cuma tersedia satu varian, yaitu menggunakan mesin empat silinder K15B kapasitas 1.500 cc. Varian ditopang 4WD berbagai mode untuk pergantian di gigi rendah, suspensi 3-link axle, LSD (limited slip-differential) traction control yang menjadi fitur standar. Mesin tersebut duduk di atas ladder frame (sasis tangga)

Sementara di Indonesia, melalui Telkomsel Indonesia International Motor Show (Telkomsel IIMS) 2019, Suzuki Jimny cuma bisa dilihat sebab menjadi produk display.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum punya kepastian kapan akan meluncurkan Jimny. Pihak SIS masih menghitung-hitung pajak agar tetap bisa diserap konsumen.

Dikabarkan salah satu peluncuran Jimny tersendat ihwal harga per unit dan menunggu penerbitan harmonisasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan Low Carbon Emmision Vehicle (LCEV) yang sudah dijanjikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Ada rumor jika Suzuki Indonesia tertarik memproduksi Jimny. Sebab ada peluang pabrik Suzuki di Indonesia untuk melahirkan Jimny. Produksi mobil legendaris itu bisa jadi dilakukan di Indonesia dengan syarat tingkat kandungan lokal tercapai dan sukses mendapatkan volume penjualan di pasar otomotif Indonesia.

Sekadar informasi, di Jepang, Jimny tipe terendah transmisi manual dijual sekitar Rp228 juta, sedangkan transmisi otomatis dijual sekitar Rp 241 juta. Sementara tipe teratas dengan transmisi manual dijual sekitar 258an juta, dan transmisi otomatis Rp 262an juta. (mik)