Calon Turis ke Bulan 'Bangkrut'

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 12:43 WIB
Calon Turis ke Bulan 'Bangkrut' Yusaku Maezawa akan menjadi turis pertama ke bulan yang menumpang roket SpaceX. (Foto: AFP PHOTO / DAVID MCNEW)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon turis pertama ke Bulan, Yusaku Maezawa sedang mengalami sedikit krisis keuangan pribadi. Ia dikabarkan kesulitan membayar biaya plesir ke luar angkasa. Maezawa dijadwalkan menjadi turis pertama SpaceX ke antariksa.

Kabar miliarder asal Jepang di ambang kebangkrutan pertama kali diketahui dari cuitannya. Lewat akun Twitter pribadi, Maezawa diketahui mendaftarkan beberapa koleksi seni berharga miliknya ke balai lelang Sotheby, New York.

Dalam cuitannya, pria berusia 44 tahun ini menyertakan dua karya seni yang siap dijual pada 16 Mei mendatang. Keduanya yakni lukisan karya Ed Ruscha diperkirakan bernilai US$3 juta dan lukisan Andy Warhol senilai sekitar US$2 juta.


"Aku akan memberikan kepada orang yang melakukan penawaran dengan serius," tulisnya.



Pemilik perusahaan fashion Zozotowon ini mendapat respons tak terdunga dari salah satu pengikutnya. Saat ditanya apakah keputusannya menjual koleksi lukisan lantaran ia kehabisan uang, ia mengiyakan hal tersebut.

"Ya, saya tidak pernah punya uang, [karena] saya selalu membelanjakannya," ucapnya.

Mengutip Japan Times, respons Maezawa tentu bukan jawaban serius yang mengindikasikan ia benar-benar kehabisan uang. Hal itu lantaran ia menyertakan emoji tertawa sebagai penanda jawabannya hanya sekedar guyonan.

Meski tidak menganggap cuitannya sebagai hal serius, bisa jadi Maezawa berada di ambang krisis keuangan lantaran memiliki gaya hidup mewah.

Dilansir Observer, Maezawa dikenal memiliki gaya hidup boros terutama untuk karya seni. Dua tahun lalu ia menghabiskan US$110 juta untuk lukisan Jean-Michel Masquiat dan pernah merogoh kocek US$98 juta dalam dua hari untuk memborong lima karya seni, salah satunya lukisan lain karya Jean-Michel Basquait.

Kebiasaan borosnya tak sampai di situ, awal tahun lalu ia juga membagi-bagikan 1 juta yen atau sekitar Rp131,6 juta secara tunai kepada 100 pengikutnya yang beruntung. Syaratnya sederhana, pengikutnya hanya perlu membagikan ulang (me-retweet) cuitannya soal aksi bagi-bagi uang tersebut. (evn)