Google I/O

Google Ungkap Fitur Unggulan Android Q

CNN Indonesia | Rabu, 08/05/2019 11:26 WIB
Google Ungkap Fitur Unggulan Android Q Konferensi pengembang tahunan Google I/O di Mountain View, California, AS. (Foto: AP Photo/Jeff Chiu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka yakni Android Q pada pesta pengembang tahunan Google I/O yang diselenggarakan di Mountain View, California, AS, Selasa (7/5).

Google menambahkan beberapa fitur dan perbaikan bug telah disematkan di Android Q Beta 2. Android Q didukung fitur layar yang mirip dengan ponsel layar lipat. Bagi para pengembang, pada fitur ini disertakan 'foldable emulator' di Android Studio 3.5.

Fitur lainnya ialah Android Q 'bubbles' multitasking. Google menyebut kemunculan fitur ini untuk memudahkan pengguna melakukan banyak tugas. Pengguna secara aktif dapat melakukan percakapan dengan teman atau kerabat meskipun sedang mengerjakan tugas tertentu.


Seperti yang ramai dibicarakan, Android Q dipastikan mendukung fitur mode gelap. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa mengakses Pengaturan (setting) > Pengaturan Tampilan (display settings) > mode gelap (dark mode).

Mengutip Techradar, bagian lain yang tak kalah seru yakni tombol volume, pengaturan cepat (quick setting), dan notifikasi yang ikut berubah warna menjadi hitam. Google memberi keleluasaan bagi pengembang apakah akan menerapkan mode gelap atau beralih ke skema warna yang ramah pada malam hari.

Google Ungkap Fitur dan Daftar Ponsel Penerima Android QFoto: AP Photo/Jeff Chiu
Fitur lain yang ditemui pada Android Q yakni Force Touch. Fitur ini akan membuat pengguna merasakan sensasi berbeda dengan mengetuk layar ketika menekan aplikasi atau ikon di ponsel.

Dilansir The Verge, isu privasi membuat Google memberikan jaminan bagi para penggunanya. Sistem operasi Android Q tak luput membekali fitur privasi sehingga pengguna memiliki kontrol lebih besar saat mengakses informasi seperti lokasi dan tempat penyimpanan data seperti foto dan video.

Untuk alasan keamanan, Android Q mengharuskan penggunanya memindai wajah. Dengan begitu, pengguna bisa memastikan data dalam ponsel tidak bisa diakses selain oleh pemiliknya.

Selain ponsel Pixel, Google memastikan Android Q versi beta 2 juga bisa dijajal oleh pengguna Sony, OnePlus, Nokia, LG, Asus, Vivo, dan Xiaomi.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)


BACA JUGA