3 Fitur Smartphone yang Diincar Pengguna Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 08/05/2019 21:05 WIB
3 Fitur Smartphone yang Diincar Pengguna Indonesia Ilustrasi (Josh Edelson / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google mengadakan survei mengenai penggunaan smartphone di Indonesia. Hasil survei bertajuk Google Smartphone Insights 2019 itu menunjukkan tiga fitur  utama yang menjadi pertimbangan pengguna Indonesia ketika hendak membeli smartphone.

Survei ini dilakukan pada November sampai Desember 2018 terhadap 1.730 responden berumur 18 sampai 35 tahun. Jumlah terbagi menjadi 55 persen dan 45 persen perempuan. Sebanyak 65 persen responden adalah milenial berumur 18-24 tahun, 33,2 persen umur 25-34 tahun, 32,6 persen umur 35-44 tahun, 5 persen di atas 45 tahun, 2,7 persen.   

Responden yang diambil adalah mereka yang baru membeli ponsel selama 3 bulan. Sebanyak 65,4 persen dari mereka tinggal di wilayag urban dan sisanya tinggar di wilayah rural.


Penelitian yang dilakukan Google Indonesia ini juga disponsori oleh studi dari Android Smartphone Purchase Journey Research tahun 2018 dan Google Smarter Smartphone Buyers Study tahun 2018.

Berikut tiga hal utama yang menjadi pertimbangan konsumen Indonesia membeli ponsel.

1. Kecepatan ponsel
Google menyebut pertimbangan utama masyarakat Indonesia ketika membeli ponsel adalah masalah kecepatan ponsel. Kecepatan ponsel ini terkait dengan prosesor yang disematkan pada smartphone. Hal ini diungkap oleh 87 persen responden.

"Jadi ketika memutuskan membeli ponsel baru, salah satu unsur utama yang diperhatikan adalah kecepatan ponsel. Maksud kecepatan di sini adalah prosesor yang dipakai di smartphone," ujar Senior Industry Analyst Tech & Telco Google Indonesia Yudistira Nugroho saat memaparkan Smartphone Insights 2019 di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (8/5).

2. Daya tahan baterai
Pertimbangan kedua adalah daya tahan baterai ponsel. Hal ini diungkap oleh 83 persen responden Google. Menurut Yudistira, daya tahan baterai jadi pertimbangan penting karena rata-rata masyarakat menghabiskan waktu selama 5 jam untuk menggunakan ponsel.

3. Kapasitas memori
Sebanyak 81 persen masyarakat Indonesia juga mencari ponsel dengan kapasitas memori yang besar dan menduduki peringkat ketiga. (din/eks)