Instagram Tanggapi Kabar Kebocoran Jutaan Data 'Influencer'

CNN Indonesia | Jumat, 24/05/2019 16:50 WIB
Instagram Tanggapi Kabar Kebocoran Jutaan Data 'Influencer' Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram buka suara terkait kabar kebocoran jutaan data influencer, selebritis, selebgram, dan merek ponsel populer yang melibatkan perusahaan pemasaran media sosial Chtrbox. Instagram mengungkapkan Chtrbox hanya bisa mengakses informasi yang tersedia secara publik seperti jumlah likes,

Berdasarkan hasil investigasi awal yang dilakukan, Instagram mencatat tidak ada surel atau nomor ponsel pengguna yang diakses oleh perusahaan asal Mumbai, India tersebut. Sebaliknya, Instagram mengatakan informasi yang dimiliki Chtrbox merupakan informasi publik dari berbagai sumber.

"Kami menemukan bahwa tidak ada email maupun nomor telepon pengguna Instagram yang diakses oleh Chtrbox. Kumpulan data yang dimiliki oleh Chtrbox adalah informasi yang tersedia secara publik dari berbagai sumber, salah satunya adalah Instagram," tulis juru bicara Instagram dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com.


Anak perusahaan Facebook ini mengungkapkan pihaknya tidak menemukan bukti ada celah yang memungkinkan Chtrbox mengumpulkan informasi kontak pribadi pengguna. Chtrbox disebut juga 'hanya' menyimpan 350 ribu data pengguna, bukan 49 juta seperti yang dilaporkan.

"Chtrbox tidak dapat mengakses data pribadi seperti nomor telepon maupun alamat email di API Instagram," tulis Instagram.

Di samping itu, Instagram juga mengungkapkan jika Chtrbox memiliki tiga metode dalam memperoleh nomor ponsel dan alamat sure para influencer. Ketiga metode tersebut yakni pengguna yang mendaftarkan diri langsung; mengumpulkan nomor ponsel dan alamat surel yang tersedia secara publik di Instagram; dan tim Chtrbox yang mengumpulkannya melalui riset daring, pemasaran offline, dan berbagai pertemuan tatap muka di India.

Instagram mengatakan Chtrbox telah memberikan pernyataan jika informasi yang mereka kumpulkan tidak spesifik. Namun demikian, upaya pengumpulan data ini dianggap melanggar kebijakan sehingga Chtrbox kehilangan akses ke Instagram. (evn/evn)