5 Aplikasi Pesan Tiket Liburan Wisata Online

eks, CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 10:58 WIB
Ilustasi (Nicolas ASFOURI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Libur Idul Fitri biasanya dijadikan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Aktivitas liburan pun tak lengkap tanpa ditambah dengan berwisata. Tak heran jika berbagai tempat wisata di beberapa kota tujuan mudik menjadi kebanjiran pengunjung. Kemacetan juga tak ayal terjadi seiring dengan banyaknya warga yang hendak berwisata.

Berikut lima aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan pemesanan tiket wisata dan atraksi hiburan di kota Anda. 

1. Klook


Aplikasi ini bisa digunakan untuk memesan berbagai atraksi dan tur di seluruh dunia. Menariknya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memesan berbagai atraksi dan tur dari beberapa kota di Indonesia. Misal untuk pengguna yang tengah berada di Malang, bisa langsung memesan tur untuk berjalan-jalan menikmati sunrise di Bromo.



Mereka yang ada di Yogyakarta bisa memesan tiket untuk menonton pertunjukan tarian Ramayana di Prambanan. Bisa juga digunakan untuk melihat pertunjukan angklung Saung Udjo dan wisata Museum Geologi bagi yang ada di Bandung.

Namun, aplikasi ini lebih banyak menawarkan layanan tur ketimbang membeli tiket untuk aktivitas. Pengguna bahkan bisa memesan mobil sewaan langsung dari aplikasi ini.

Saat dicoba, destinasi wisata di kota-kota tujuan wisata favorit seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, hingga Lombok tersedia di aplikasi ini. Jika Anda tengah mencari tujuan wisata ketika tengah mengunjungi suatu kota saat mudik, mungkin aplikasi ini bisa dijadikan referensi untuk menyusun liburan.

Antar muka aplikasi ini cukup mudah untuk bernavigasi. Untuk mencari destinasi wisata disuatu kota, cukup tap tombol search dan ketik nama kota. Selanjutnya akan tampil sederet pilihan tur dan tempat atraksi wisata yang disediakan aplikasi ini. Setelah memilih, pembayaran bisa dilakukan lewat transfer ke Bank Permata, Doku Wallet, Paypal, atau kartu kredit dan debit online.


2. Fave

Aplikasi penawaran diskon ini menawarkan berbagai pilihan kegiatan dan atraksi menarik yang bisa ditemukan sesuai dengan lokasi pilihan pengguna. Namun, pilihan atraksi terbanyak yang disediakan aplikasi ini masih seputar wilayah kota besar di Jawa, Bali, dan beberapa kota di Sumatra. Untuk menemukan tawaran aktivitas liburan, pilih tab atraksi atau hiburan di aplikasi Fave.


Ketimbang Klook, Fave memberikan alternatif pilihan atraksi yang lebih beragam. Untuk di Jakarta, pengguna bisa menggunakan vocer Fave untuk beragam wahana yang ada di TMII, vocer karaoke, water park, jungleland bogor, atraksi petualangan, hingga berbagai pilihan yoga dan gym.

Beberapa kota seperti Bandar Lampung atau Makassar tidak memberikan hasil pencarian yang relevan. Alih-alih pengguna malah ditawarkan dengan hasil pencarian atraksi di kota terdekat yang seringkali berada di seberang pulau. Misal, untuk pencarian di Makassar, malah menghasilkan tawaran atraksi di Bali sebagai lokasi terdekat.

Cara pembayaran menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan dengan kartu kredit dan debit online, transfer bank, lewat virtual account KlikBCA atau klikbca, CIMB Clicks, Mandiri ClickPay, OVO, transfer bank, dan Indomaret. (eks/eks)
1 dari 2