Intip Cara NASA Siapkan Kendaraan Penjelajah Mars pada 2020

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 01:17 WIB
Intip Cara NASA Siapkan Kendaraan Penjelajah Mars pada 2020 Ilustrasi (Bill Ingalls/NASA/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA akan memasang webcam yang memungkinkan warga untuk menyaksikan perakitan rover yang akan diterbangkan NASA ke Mars 2020, Kamis (6/6) pekan lalu.

Webcam ini akan dipasang dengan sudut tinggi, sehingga siapapun bisa mengamati bagaimana para insinyur dan teknisi merakit dan mengetes rover itu di Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat.

"Kami senang bisa membagikan bagian dari perjalanan kami ke Planet Merah kepada publik, kapan saja mereka mau," jelas McNamee kepala proyek Mars 2020, seperti tertulis di laman NASA.


Untuk menyaksikan siaran langsung tersebut, bisa mengunjungi situs Mars NASA berikut. Tautan ini akan menyiarkan secara terus menerus apa saja yang dilakukan di ruangan tersebut.

https://mars.nasa.gov/mars2020/mission/where-is-the-rover/

Kegiatan para insinyur itu juga bisa disaksikan lewat Youtube. Namun, siaran Youtube hanya akan tayang dalam waktu tertentu dan sudah dimoderasi.

[Gambas:Youtube]

NASA memperingatkan kalau ruangan ini bisa saja terlihat kosong ketika perakitan dipindahkan ke ruangan JPL lain, atau ketika rover itu tengah dites. Jam kerja para insinyur dimulai pukul 8 pagi waktu setempat atau sekitar pukul 22:00 WIB, setiap Senin hingga Jumat.

Siaran Webcam yang dinamai "Seeing 2020" in menampilkan video ruangan dimana sebuah rover dirakit di sebuah ruangan dengan lantai bersih.
Penonton juga bisa saling berinteraksi dengan webchat langsung dengan tim media sosial JPL dan tim Mars 2020. Mereka akan berinteraksi langsung dengan pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka tentang misi ini.

Saat ini rover yang akan dikirim ke Mars pada 2020 tengah memasuki masa akhir perakitan dan pengetesan. Nantinya rover ini akan diterbangkan ke Mars dari Kennedy Space Center NASA di Florida pada 17 Juli 2020, seperti dikutip The Indian Express.

Kendaraan jelajah ini diperkirakan akan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021. Rover ini akan mengumpulkan batuan dan tanah dan memasukkannya ke tabung sampel.

Material ini akan dipakai untuk mencari wilayah yang pernah menjadi tanda-tanda kehidupan di masa lalu. Mereka juga akan mencari kehidupan mikroba di planet itu (eks/eks)