Mobnas Vietnam Terbit, Netizen Sindir Esemka

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 14:37 WIB
Mobnas Vietnam Terbit, Netizen Sindir Esemka Jokowi semasa menjabat Wali Kota Solo berpose bersama Esemka. (Foto: Detikcom/Rachman Haryanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelahiran mobil nasional (mobnas) Vietnam bernama VinFast memicu perbincangan masyarakat Indonesia di media sosial terkait keberadaan Esemka. Masyarakat v karena Esemka yang sering diasumsikan mobnas Indonesia dianggap belum pernah muncul ke permukaan.

Akun diskandar70 misalnya, mempertanyakan apakah Esemka bakal menjadi legenda atau cerita rakyat.




Celotehan lain datang dari akun dani69144378 yang menyebut Esemka sudah naik kelas menjadi 'mobil mahasiswa' sehingga tidak perlu lagi diperdebatkan. Seperti diketahui cikal bakal Esemka dimulai dari pekerjaan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada 2000-an.




Sementara itu warganet dengan akun sutansyahril7 bilang esemka 'gaib' dan mempertanyakan keberadaannya sambil mencolek akun twitter resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi merupakan salah satu tokoh yang membesarkan Esemka ketika menjadi Wali Kota Solo (2005 - 2012) dan bahkan mengatakan bakal menggunakannya sebagai mobil dinas saat menjadi Gubernur DKI Jakarta (2012 - 2014).



Beberapa akun lainnya juga mempertanyakan kabar Esemka karena dinilai tak kunjung menampakan diri.



Hingga kini sudah lebih dari 1.300 cuitan mengenai Esemka yang dipicu munculnya VinFast. Topik Esemka sempat menjadi trending di Twitter.

VinFast diketahui bakal memulai mendistribusikan mobil pertamanya, hatchback Fadil, pada Senin (17/6). Selain hatchback, VinFast juga punya sedan LUX A2.0 dan SUV menengah LUX SA2.0, SUV bongsor, dan motor listrik.


Mobnas Vietnam Terbit, Netizen Sindir EsemkaMobil nasional pertama Vietnam, VinFast Fadil, telah diproduksi massal. (Foto: Manan VATSYAYANA / AFP))

Kabar terakhir Esemka diketahui lewat catatan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Kementerian Dalam Negeri. Dalam dokumen disebut minibus Esemka Garuda nilai NJKB-nya Rp209 juta dan pikap Esemka Bima Rp81 juta.

Kementerian Perhubungan sudah menyatakan 11 tipe kendaraan Esemka telah lulus uji tipe, namun semuanya diuji menggunakan batas emisi Euro 2 sedangkan di Indonesia sudah berlaku Euro 4 buat kendaraan bensin. Belum ada satupun mobil Esemka bensin yang diuji tipe berdasarkan Euro 4.

Staf Presiden Diaz Faisal Malik Hendropriyono sempat menyebut bahwa Esemka bakal diluncurkan dengan harga Rp200 juta pada tahun ini. Produk perdana Esemka nanti bakal berjenis Sport Utility Vehicle (SUV). (ryh/fea)