Renault Triber Debut di India, Siap Tantang Avanza Cs

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 18:05 WIB
Renault Triber Debut di India, Siap Tantang Avanza Cs Renault Triber. (Foto: renault.co.in)
Jakarta, CNN Indonesia -- Renault mendebutkan model baru, Triber, di India, pada Rabu (19/6). Mobil ini, yang didesain di kelas MPV, kemungkinan besar akan dijual di Indonesia dan bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.

Dalam keterangan resmi Renault menyebutkan Triber merupakan mobil pertama yang didesain untuk India. MPV ini dirancang memiliki panjang tidak lebih dari 4 m, namun sanggup menampung tujuh penumpang.

Triber dirancang berbasis platform CMF-A Renault, itu berarti mobil ini juga berbagi komponen dengan Kwid yang sudah dijual di Indonesia. Bukan cuma platform, namun berbagai elemen Triber lainnya juga mirip Kwid termasuk mesin BR10 3-silinder segaris 1.000 cc.


Catatan lain, BR10 juga digunakan pada Clio dan Dacia Sandero. Pada Triber mesin itu menghasilkan tenaga 72 hp dan torsi 96 Nm.

Kendati dikatakan MPV, desain depan eksterior Triber malah terlihat seperti keluarga SUV Renault misalnya Koleos. Nuansa crossover juga muncul dari pelindung fender warna hitam dan rack roof. Triber punya lekuk unik pada bagian kaca samping di pilar C.

Avanza Cs Siap-siap, Renault Triber Telah Lahir di IndiaRenault Triber. (Foto: renault.co.in)
Hanya Ada Manual

Renault sampai saat ini hanya memberikan satu pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan. Namun, merek asal Prancis itu berjanji pada pertengahan 2020 akan menambah transmisi otomatis 5-percepatan dan mesin 1.000 cc turbo.

Daftar fitur keselamatan yang ada pada Triber yakni dua airbag, antilock braking system (ABS), sensor parkir, dan sistem peringatan kecepatan sebagai standar.

Pada varian termahal Triber mendapatkan kamera parkir dan lebih banyak airbag. Selain itu menggunakan pelek 15 inci dengan ban 185/65.

Di kabin, Triber diberi sentuhan warna dual-tone, layar LCD 3,5 inci di instrument cluster, dan sistem infotainment layar sentuh delapan inci yang lebih besar dari kepunyaan Kwid, Lodgy, Duster, dan Captur yang hanya punya layar tujuh inci. Sistem hiburan dapat terintegrasi fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Pada baris ketiga tersedia ventilasi AC, sandaran tangan, dan soket listrik. Kursi baris ketiga juga dapat 'ditekuk' untuk memperluas bagasi menjadi 625 liter.

Panel intrument Renault Triber.Panel intrument Renault Triber. (Foto: renault.co.in)
Renault mengungkapkan pihaknya baru akan menjual mobil ini beberapa bulan mendatang. Perusahaan juga belum mengungkap harga pasti, namun diperkirakan bakal dibanderol mulai dari Rs 5,3 lakh atau Rp108,5 juta.

Di Indonesia, Triber menjadi salah satu mobil yang dinanti. Pemegang merek Renault, Maxindo Renault Indonesia, rencananya bakal memperkenalkan Triber di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada Juli. Kehadiran Renault Triber bakal menarik lantaran disebut Maxindo bakal dijual dengan harga kisaran Low Cost Green Car (LCGC).

Tampak belakang Renault Triber.Tampak belakang Renault Triber. (Foto: renault.co.in)
Data Diri Renault Triber
Panjang : 3.990 mm
Lebar : 1.739 mm
Tinggi : 1.643 mm
Wheelbase : 2.636 mm
Berat : 947 kg
Mesin : 3-Silinder
Kapasitas : 999 cc
Output : 72 hp pada 6250 rpm dan 96Nm pada 3500 rpm
Transmisi : Manual 5-percepatan dan AMT
Suspensi : McPherson struts/Torsion beam
Bagasi : 84 liter (7 penumpang), 320 liter (6 penumpang), 625 liter (5 penumpang)
Ground clearance: 182 mm
Tangki BBM : 40 liter (ryh/fea)