Konsumen Disebut Habiskan Rp170 Ribu untuk Beli Produk Lokal

CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 05:49 WIB
Konsumen Disebut Habiskan Rp170 Ribu untuk Beli Produk Lokal Ilustrasi gudang e-commerce. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumen dilaporkan menghabiskan rata-rata Rp170 ribu per transaksi belanja daring untuk membeli produk lokal. Blibli mengatakan permintaan konsumen untuk produk lokal terhitung tinggi.

Supervisor Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli Geoffrey Dermawan mengatakan rata-rata uang yang dihabiskan konsumen untuk belanja produk lokal di platform e-commerce lain bisa berbeda.

"Di tempat lain mungkin bisa lebih rendah atau tinggi. Tapi di Blibli, untuk produk Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) lokal, orang masih mau untuk coba atau beli rata-rata Rp170 ribu," kata Geoffrey saat peluncuran The Big Start (TBS), di Jakarta Selatan, Rabu (19/6).


Kendati demikian, Geoffrey mengatakan tidak bisa mengungkap total transaksi pembelian produk lokal di Blibli. Untuk mendorong perkembangan dan kapabilitas pelaku UMKM dalam berjualan daring, Blibli menggelar inisiatif TBS season 4.

Kompetisi ini merupakan ajang bagi pengusaha lokal mengasah kemampuan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar. Untuk memasarkan produknya, para pebisnis bisa memajangnya di Galeri Nasional yang merupakan kanal khusus UMKM lokal di Blibli.

"Kami akan mengusung pendekatan pemasaran terkini, yaitu Marketing 4.0. Kami akan membantu usaha kreatif dari segi konten pemasaran digital hingga jaringan dengan pasar lokal dan internasional," kata Deputy CMO Blibli Andy Adrian.


"Tujuan akhirnya adalah memberi creativepreneur modal kemampuan untuk melayani pasar yang mereka tuju."

Untuk pertama kalinya, TBS akan menghubungkan empat besar UMKM dengan pasar internasional dengan membawa mereka ke ajang pameran luar negeri melalui kerja sama dengan Kemenperin.

Ajang kompetisi yang menawarkan hadiah total Rp1,3 miliar ini fokus pada empat kategori utama: fashion, kuliner, kesehatan, dan kecantikan. Andry mengatakan kempat kategori tersebut paling diminati sehingga pihaknya hanya fokus pada keempatnya. (jnp/evn)