Mengenal Dua Manusia Pertama yang Mendarat di Bulan

CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 07:37 WIB
Neil Armstrong, Michael Collins, dan Edwin AldrinFoto: NASA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA merayakan misi pendaratan manusia ke Bulan melalui misi Apollo 11 ke-50 tahun pada 16 hingga 20 Juli 2019. Misi ini berhasil mendaratkan manusia ke permukaan Bulan sekaligus mencatatkan sejarah bagi Amerika Serikat di tengah Perang Dingin dengan Uni Soviet.

Dua astronaut AS yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan yaitu Neil Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin. Namun pada 2012, Armstrong harus pulang ke pangkuan Sang Pencipta akibat sakit yang dideritanya.

Berikut profil dua astronaut Apollo 11 yang menjadi pelopor misi eksplorasiNASA ke Bulan:

Neil Armstrong


Neil Armstrong lahir di Wapakoneta, Ohio pada 5 Agustus 1930. Setelah bertugas dalam perang Korea dan kemudian menyelesaikan kuliah, ia bergabung dengan NASA.

Armstrong menjadi bagian dari program astronaut NASA tahun 1962 dan menjadi pilot komando untuk misi pertamanya yakni Gemini VIII tahun 1966. Lalu, ia diberi mandat untuk memandu pesawat ruang angkasa untuk misi Apollo 11, sebuah misi ke Bulan berawak pertama dan menjadi manusia pertama yang berjalan di permukaan Bulan.

Dilansir Biography, Armstrong terrtarik pada dunia penerbangan sedari dini dan memperoleh lisensi pilot ketika ia berusia 16 tahun. Tahun 1947, Armstrong memulai studinya dalam bidang teknik penerbangan di Universitas Purdue yang ia dapatkan melalui beasiswa Angkatan Laut AS.

Berkenalan dengan Manusia Pertama yang Mendarat di BulanNeil Armstrong. (Foto: NASA / AFP)

Usai lulus dari universitas, ia bergabung dengan Komite Penasihat Nasional untuk Aeronautika (NACA) yang kemudian berganti nama menjadi Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA).

Armstrong menguji banyak pesawat berkecapatan tinggi, termasuk pesawat jenis X-15 yang dapat mencapai kecepatan tertinggi 4.000 mil per jam.

Pada 28 Januari 1956, Armstrong menikahi Janet Shearon dan dikaruniai seorang anak-anak laki-laki satu tahun kemudian yakni Eric dan putri pertama mereka Karen tahun 1959. Sayangnya, Karen meninggal akibat tumor otak tahun 1962. Lalu, pada 1963 Armstrong dan istri menyambut anak ke-3 mereka yakni Mark.

Pada tahun yang sama, ia bergabung dengan program astronaut NASA dan memboyong keluarganya pindah ke Houston, Texas. Armstrong dan astronaut David Scott diluncurkan ke orbit Bumi pada 16 Maret 1966 dengan pesawat Gemini VIII.

Saat berada di orbit Bumi, keduanya merapakatkan kapsul ruang angkasa dengan kendaraan Gemini Agena. Namun selama manuver ini, mereka mengalami sejumlah masalah dan harus menghentikan misi itu segera.

Armstrong menghadapi tantangan yang lebih besar pada 1969, bersama Michael Collins dan Edwin E. Aldrin, mereka tergabung pada misi awak pertama NASA ke Bulan. Ketiganya diluncurkan ke luar angkasa pada 16 Juli 1969, misi ke Bulan itu kemudian dikenal dengan Apollo 11.

Berperan sebagai komandan misi Apollo 11, Armstrong mengemudikan Modul Lunar ke permukaan Bulan pada 20 Juli 1969 bersama Aldrin dan Collins tetap berada di Modul Perintah atau Command Module.

Pukul 10.56, Armstrong dan Aldrin keluar dari Modul Lunar dan melangkahkan kaki di permukaan Bulan. Sekitar 2 jam 30 menit, keduanya mengumpulkan sampel dan melakukan eksperimen. Mereka juga mengambil foto termasuk jejak kaki mereka sendiri di Bulan.

Pesawat ruang angkasa Apollo 11 kembali ke Bumi pada 24 Juli 1969 dan jatuh di Samudra Pasifik sebelah Barat Hawaii. Armstrong, Aldrin, dan Collins dijemput oleh tim NASA dan ketiganya dimasukkan ke karantina selama tiga minggu.
(din/eks)
1 dari 3