IDEA Hub Jokowi, Buka-bukaan Rahasia Dapur Unicorn G20

tim, CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 01:06 WIB
IDEA Hub Jokowi, Buka-bukaan Rahasia Dapur Unicorn G20 Jokowi di G20 (REUTERS/Mark Schiefelbein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan pembentukan forum bertajuk Hub Akselerator Ekonomi Digital Inklusif (Inclusive Digital Economy Accelerator/IDEA Hub) di salah satu acara diskusi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Konsep ini merupakan pembentukan forum untuk mengintip 'rahasia dapur' dari para perusahaan rintisan swasta dengan valuasi mencapai US$1 miliar atau dikenal dengan istilah unicorn

Kepala negara mengatakan usulan ini merupakan bentuk nyata dari perhatian Indonesia terhadap pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi digital. Ia menjelaskan IDEA Hub akan menjadi forum berkumpulnya para unicorn yang ada dari seluruh negara anggota G20 untuk saling mengurasi ide dan pengalaman di bisnis ekonomi digital. 

"IDEA Hub pada dasarnya merupakan tempat mengurasi, mengelola, dan berbagi pengalaman model bisnis digital para unicorn anggota G20," ujar Jokowi di KTT G20 yang berlangsung di Osaka, Jepang, Jumat (28/6). 



Menurutnya, forum ini bisa menjadi jalan keluar untuk peningkatan ekonomi, kesenjangan sosial antarnegara serta memberikan manfaat bagi pemerintah serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pasalnya, IDEA Hub memungkinkan terjadinya pertukaran nilai ekonomi, digitaliasi tenaga kerja, dan peningkatan inklusi keuangan. 

Kendati begitu, orang nomor satu di Indonesia itu mengungkapkan pembentukan forum ini memerlukan beberapa persiapan. Pertama, peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia. Kedua, pembangunan infrastruktur digital. Ketiga, perbaikan dan peningkatan iklim investasi dalam mendukung pengembangan ekonomi digital.

"Saya ingin mengingatkan bahwa ekonomi digital tidak boleh melupakan kepentingan setiap orang. Tidak boleh ada orang yang tertinggal, no one left behind," tandasnya. (uli/chs)