7 Merek Mobil di Formula E yang 'Diajak' Anies ke Jakarta

ray, CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 11:54 WIB
7 Merek Mobil di Formula E yang 'Diajak' Anies ke Jakarta Ilustrasi merek mobil yang ikut balap Formula E. (Foto: Sam Bloxham/LAT/Formula E)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ibu Kota Jakarta disebut bakal menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Formula E pada 2020. Hal ini diumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun media sosial pribadinya setelah mendapat restu dari Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Formula E merupakan balap jet darat populer kedua setelah Formula 1. Bedanya, seluruh mobil di Formula E menggendong mesin bertenaga listrik dan diadakan di jalan raya yang 'disulap' menjadi sirkuit. E di sini bisa diartikan electric.

Beberapa merek otomotif ternama berpartisipasi dalam kompetisi yang sudah bergulir sejak 2014 itu. Tujuan keikutsertaan mereka untuk menguji kemampuan penggerak motor listrik yang mereka kembangkan.


Berikut daftar perusahaan otomotif yang terjun ke ajang Formula E.

Audi

Merek berlambang empat cincin ini memiliki tim balap yang ikut serta dalam Formula E, yaitu ABT Schaeffer Audi Sport. Mereka memiliki mobil listrik yang dinamai Audi e-tron Sportback, sementara versi crossover sudah diperkenalkan di pameran otomotif China pada 2017.

Mobil balap listrik Audi ini diklaim mampu menempuh jarak sejauh 500 km.

BMW

Merek Jerman ini merupakan mitra resmi Formula E. Selain menyediakan mobil khusus untuk balap, BMW juga menyugukan mobil-mobil ramah lingkungan untuk mengawal laga tersebut, antaranya i8 sebagai kendaraan keselamatan, i3 sebagai layanan medis, dan X5 iPerformance kendaraan penyelamat.

Untuk tim balap BMW i Andretti Motorsport, BMW memiliki sports car BMW iFE.18.

Faraday Future

Perusahaan otomotif asal California, Amerika Serikat ini juga menjadi peserta dalam Formula E dengan tim balap Faraday Future Dragon Racing. Tim balap Faraday Future punya mobil balap listrik, FF 91.

Jaguar

Tim Panasonic Jaguar Racing juga menerjunkan mobil balap Formula E. Mereka punya beberapa mobil berperforma salah satunya I-Pace yang murni listrik untuk mengikuti kompetisi balap mobil listrik.

Renault

Tim Renault e.dams masuk menjadi peserta dan sempat membawa pulang penghargaan tertinggi di klasemen tim selama dua musim pertama kejuaraan Formula E. Merek asal Prancis ini juga menjadi pemasok mesin untuk tim Techeetah.

Mercedes-Benz

Sengitnya pertarungan Formula E membuat merek Jerman Mercedes-Benz kemudian merapat. Mereka mulai mengaspal di lintasan Formula E untuk musim 2019-2020, seperti mengutip Auto123.

Nissan

Nissan menjadi merek otomotif pertama Jepang yang menurunkan mobil balap untuk kompetisi Formula E pada 2018. Jantung penggerak mobil balap Nissan disuplai oleh pabrikan Renault. (ryh/mik)