Bos Nexmedia Ungkap Nasib Karyawan Usai Berhenti Siaran

CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 17:05 WIB
Bos Nexmedia Ungkap Nasib Karyawan Usai Berhenti Siaran Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Direktur Nexmedia Junus Koswara menyatakan bakal memberdayakan karyawan Nexmedia untuk mengembangkan layanan over-the-top (OTT) usai televisi berlangganan berhenti tayang pada 1 September mendatang.

"Iya pasti ada [karyawan Nexmedia yang dipindahkan untuk mengembangkan layanan OTT]. Jadi kita semua lagi review, ini kan juga prosesnya berjalan terus," kata Junus saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (30/7).

Ditanya soal nasib perangkat Nexmedia yang masih terpasang di rumah-rumah pelanggan, Junus mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah prosedur untuk menangani hal itu.


Salah satunya adalah Nexmedia bakal melakukan refund (mengembalikan uang) kepada pelanggan yang memakai layanan televisi berbayar mereka.

"Iya yang pasti sesuai dengan prosedur, kita sudah menyiapkan prosedur customer service. Nanti ada pengembalian refund dan proses lainnya sesuai dengan standar yang berlaku," jelas dia.

Lebih lanjut kata Junus, alasan penghentian siaran berbayar Nexmedia dilakukan perusahaan untuk mengkonsolidasi seluruh konten dan akan dimasukkan ke dalam layanan over-the-top (OTT) yakni layanan video streaming Vidio Premiere.

Dengan dipindahnya seluruh konten di dalam Nexmedia ke Vidio Premiere, Junus meyakini bahwa layanan OTT merupakan pilihan yang tepat guna memberikan berbagai layanan kepada pelanggan Nexmedia.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, PT Mediatama Anugerah Citra mengumumkan akan berhenti melakukan siaran Nexmedia per 31 Agustus 2019.

Nexmedia merupakan layanan televisi berlangganan yang menggunakan set top box, tidak membutuhkan parabola. Layanan televisi ini bisa diakses hanya dengan antena televisi biasa.

Dengan set box itu memudahkan pengguna memindahkan perangkat layanan televisi berlangganan mereka. Nexmedia sendiri pertama kali mengudara sejak November 2011 lalu. (din/eks)