Sony Bocorkan Spesifikasi PlayStation 5

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 17/08/2019 05:09 WIB
Sony Bocorkan Spesifikasi PlayStation 5 Ilustrasi Playstation. (REUTERS/ Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah lama menanti, Sony akhirnya 'membocorkan' sejumlah spesifikasi PlayStation 5. Dilansir dari Gamespot, PlayStation 5 akan menyediakan penyimpanan memori SSD dan mendukung PSVR. Walau belum dipastikan nama PlayStation 5, untuk sementara waktu konsol gim terbaru ini akan disebut PS5.

Arsitek Sistem Utama PS5 Mark Cerny telah menolak secara eksplisit untuk menyebut konsol baru tersebut PlayStation5. Dia hanya menyebut generasi terbaru. Dari sisi spesifikasi, PS5 akan menggunakan cip AMD yang memiliki CPU generasi ketiga Ryzen. Konsol Sony ini pun akan mendukung gim dalam format 8K.

Gamespot menuliskan permainan PS4 dikabarkan masih bisa dimainkan pada PS5. Kabar ini menjadi angin segar bagi pemain PS4. Pasalnya, pada PS4, gim generasi sebelumnya tidak kompatibel dengan konsol terbaru.
Sony juga meyakini bahwa gim PS4 akan terasa lebih cepat saat dimainkan. Penggantian penyimpanan dari HDD pada generasi terdahulu ke SDD mempercepat performa gim. Terkait PSVR (PlayStation Virtual Reality), Mark belum mau menjelaskan secara detil.


Sejauh ini belum ada yang mengkonfirmasi permainan yang akan tersedia di PS5. Namun, permainan tahunan seperti FIFA dan call of Duty diharapkan mampu menjadi lompatan bagi PS5.

Sony rupanya sangat menutup rapat informasi terkait tanggal rilis maupun harga PS selanjutnya. Namun, rumor yang beredar mengatakan PS5 akan segera hadir di pasaran pada 2019 ini.

"Saya percaya bahwa kami akan dapat merilisnya dengan SRP [harga eceran yang disarankan] yang akan menarik bagi para gamer mengingat set fitur canggihnya," tutup Mark. (ndn/age)