Adu Balap Transaksi Triliunan Rupiah Shopee dan Tokopedia

CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 09:25 WIB
Adu Balap Transaksi Triliunan Rupiah Shopee dan Tokopedia Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tokopedia pamer nilai total transaksi (gross merchandise value/ GMV) sebesar US$1,3 miliar atau sekitar Rp18,5 triliun pada Mei 2019 ketika kampanye Ramadan Ekstra. Chief operating officer, Melissa Siska Juminto mengatakan total nilai transaksi saat ini bahkan lebih besar dari akumulasi nilai transaksi enam tahun awal berdirinya Tokopedia.

Melissa pamer capaian tersebut untuk menanggapi total transaksi Shopee yang mencapai US$3,8 miliar (sekitar Rp54 triliun) pada kuartal kedua 2019. Sementara, jika dirata-rata nilai transaksi Shopee per bulan sekitar Rp18 juta.

"Shopee rilis kuartal kedua Rp54 triliun, pada Mei itu kita mencatat Rp18,5 triliun dalam satu bulan saja," kata Melissa di gedung Tokopedia Care, Puri Kembangan di Jakarta Barat, Rabu (4/9).


Apabila dirata-rata maka Shopee per bulannya mendapatkan GMV sebesar Rp18 triliun. Melissa juga mengingatkan bahwa total transaksi Tokopedia sebesar Rp18,5 triliun diraih dengan hanya beroperasi di Indonesia saja.

Sementara itu, Shopee sejauh ini telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan.

"Itu (Rp18,5 triliun) pun pasarnya Indonesia saja. Kami akan fokus ke daerah pedesaan," tambahnya.

Sebelumnya, riset iPrice menunjukkan Tokopedia pada kuartal kedua 2019 menjadi e-commerce yang paling bayak dikunjungi pada kuartal kedua 2019. Tokopedia memiliki 140,1 juta pengunjung web bulanan.

Di Indonesia sendiri, Shopee memiliki jumlah pengunjung bulanan sebesar 90,7 juta. Masih kalah dibandingkan dengan Tokopedia.

Riset iPrice menunjukkan Shopee menjadi aplikasi e-commerce dengan jumlah pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/ MAU) dan jumlah unduhan terbesar di Asia Tenggara.

Pada peringkat kedua jumlah MAU dan unduhan terbesar terdapat Lazada. Lazada memiliki jumlah pengunjung bulanan sebesar 49,6 juta di Indonesia. Lazada berada pada peringkat keempat, di bawah Bukalapak dengan angka 89,7 juta. Lazada telah beroperasi Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, serta Vietnam.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)