Menerawang Fitur Baru Calya dan Sigra

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 18:41 WIB
Menerawang Fitur Baru Calya dan Sigra Toyota Calya. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bila dinilai dari penampakan desain baru Toyota Calya dan Daihatsu Sigra facelift yang sudah beredar di dunia maya, boleh jadi terkesan perubahannya tidak signifikan. Namun setelah ditelusuri dari pihak dealer ternyata ada beberapa penambahan fitur baru yang menjadi nilai lebih buat pembaruannya.

Berdasarkan keterangan sejumlah tenaga penjual dari dealer kedua merek tersebut, fitur baru Calya dan Sigra meliputi pada sistem hiburan, pengereman, hingga penerangan.

Pada sistem hiburan, Calya dan Sigra bakal punya headunit layar sentuh. Pada generasi sebelumnya tidak ada fitur demikian.



[Gambas:Instagram]
Sementara pada sistem keselamatan, pengereman bakal lebih optimal dengan fitur Electronic Brake Distribution (EBD). Sistem itu akan dikombinasikan dengan Antilock Braking System (ABS) yang sebelumnya sudah disematkan.

"Jadi untuk fitur itu dari info yang saya dapat untuk varian teratasnya," kata salah satu tenaga penjual dealer Toyota, Selasa (10/9).

Keterangan lain yang didapat, setiap varian menggunakan jenis LED, bukan lagi halogen pada lampu besar.

Harga Resmi

Meski detail tampilan baru Calya dan Sigra sudah mengemuka namun harga resmi disebut belum diketahui. Pada umumnya, harga resmi produk baru akan diumumkan saat peluncurannya.

Toyota dan Daihatsu bakal Calya dan Sigra terbaru pada 16 September.

"Harga resmi belum saya terima. Tapi misalnya tidak naik atau harga tetap, paling tidak ada diskon buat pembeli," ucap salah satu tenaga penjual Daihatsu.


[Gambas:Instagram]
Kendati begitu, menurut tenaga penjual Daihatsu, Sigra terbaru sudah bisa dipesan dengan menyerahkan tanda jadi senilai Rp5 juta. Hal yang sama juga berlaku buat Toyota Calya terbaru.

Menurut mereka dealer juga sedang menghabiskan stok Calya dan Sigra dengan memberi promo potongan harga. Diskon untuk kedua model tersebut terpantau mulai dari Rp10 juta hingga Rp19 juta.

Diskon menurut mereka dapat bertambah tergantung kesepakatan akhir antara pihak dealer dan konsumen.

"Jadi kami lagi sekalian habiskan yang model lama. Tapi kalau mau model baru bisa dipesan sekarang," kata tenaga penjual Toyota.

Selain penambahan fitur diketahui ubahan pada Calya dan Sigra terletak pada area kosmetik seperti desain bumper depan dan belakang, grill, dan pelek. Dua mobil tersebut bakal diluncurkan pada pekan depan di tempat terpisah. (ryh/fea)